Benarkah Banyak Korban Tewas dalam Kebakaran Pabrik Kasur di Cirebon?

| 03 Mar 2023 10:13
Benarkah Banyak Korban Tewas dalam Kebakaran Pabrik Kasur di Cirebon?
Video penemuan korban kebakaran pabrik kasur busa PT. Aiyi Indonesia Internasional, Desa Kebonturi, di Kabupaten Cirebon, ternyata hoaks.

ERA.id - Video penemuan korban kebakaran pabrik kasur busa PT. Aiyi Indonesia Internasional, Desa Kebonturi, di Kabupaten Cirebon, ternyata hoaks. Hinga kini tak ada korban jiwa dalam insiden itu.

"Video yang beredar memang salah, polisi juga sudah menyatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran pabrik kasur busa," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Bambang Sudaryanto, Kamis (3/3/2023).

Dalam video yang tidak disebutkan lokasi kejadiannya, terlihat seorang pria merekam banyaknya korban jiwa yang terbakar akibat insiden kebakaran tersebut, sambil menghitung jumlah korban.

Bambang menuturkan, video itu merupakan peristiwa kebakaran pabrik kembang api, terjadi pada 26 Oktober 2017. Namun, video itu kembali disebar entah apa motifnya.

"Video itu sebenarnya peristiwa kebakaran pabrik kembang api di Tangerang, Banten," tuturnya.

Menurutnya, informasi hoaks itu bukan hanya informasi yang memang sengaja dibuat untuk menyesatkan, namun terkadang, ada juga informasi hoaks yang bersumber dari konten asli, tetapi dipadankan pada informasi yang salah. "Dalam kasus ini, videonya memang benar, tapi informasi atau narasinya yang salah," katanya.

Rekomendasi