Rencanakan Tampung PKL Masjid Raya Sheikh Zayed, Gibran Akan Beli Lahan Baru

| 06 Mar 2023 21:55
Rencanakan Tampung PKL Masjid Raya Sheikh Zayed, Gibran Akan Beli Lahan Baru
PKL yang berjualan di kawasan Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo (Amalia Putri/Era)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berencana membeli lahan baru di area sekitar Masjid Raya Sheikh Zayed. Hal ini karena ia berencana menampung pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di sekitaran masjid dan ditempatkan di lahan tersebut.

"Pasti akan kami carikan, tapi belum dapat lahan. Sudah saya perintahkan (untuk mencari lahan)," kata Gibran di Balai Kota Solo, Senin (6/3/2023).

Untuk itu Gibran meminta agar para pedagang bersabar. Saat ini Pemkot Solo dalam proses mencarikan lahan untuk lapak pedagang di sekitaran Masjid Raya Sheikh Zayed. Apalagi saat ini pedagang yang berjualan di depan masjid makin banyak.

Saat ditanya lebih lanjut terkait dengan penerapan zonasi pedagang, Gibran hanya menekankan mengenai satu hal. Pedagang atau semua pihak dilarang untuk mengotori kawasan masjid. Sementara terkait minimnya lahan parkir, sudah ada layanan shuttle bus bagi pengunjung.

Meskipun ia mengakui layanan shuttle bus ini kurang diminati para pengunjung dan wisatawan. Padahal saat momen-momen tertentu seperti salat Jumat pengunjung berdesak-desakan mendatangi masjid baru ini.

"Akan kami evaluasi lagi, kemarin berdesakan karena hanya satu pintu yang dibuka, ini untuk alasan keamanan," katanya.

Rekomendasi