Pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed Diprediksi Melonjak Pasca Pemulangan Haji, Gibran: Kami Siapkan Shuttle Bus

| 07 Jul 2023 22:15
Pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed Diprediksi Melonjak Pasca Pemulangan Haji, Gibran: Kami Siapkan Shuttle Bus
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Amalia/ERA)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengantisipasi peningkatan pengunjung di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo pascapemulangan jemaah haji. Untuk itu Pemkot Solo bersiap untuk menerima lonjakan pengunjung.

Hal ini disampaikan oleh Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Jumat (7/7/2023). Antisipasi lonjakan pengunjung ini khususnya untuk mempersiapkan armada shuttle bus yang cukup dan lahan parkir yang memadai.

"Parkir nanti kami atur. Tirtonadi kami siapkan shuttle, di Pedaringan juga," kata Gibran.

Sebelumnya, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo mengalami lonjakan pengunjung bersamaan momen pengantar calon jemaah haji yang datang ke Solo. Mereka banyak yang memutuskan singgah ke masjid hadiah untuk Presiden Joko Widodo tersebut. Sehingga sejumlah area parkir bus terdampak adanya peningkatan jumlah pengunjung.

"Banyak yang berkunjung ke masjid Zayed. Mereka yang datang kebanyakan singgah setelah mengantar saudaranya berangkat haji," kata Kepala Satuan Pelayanan Terminal Tirtonadi, Solo, Bandiyono.

Ia mencatat dalam satu hari lonjakan bus wisata yang dititipkan parkir di Terminal Tirtonadi hingga 120 unit. Dengan perkiraan penumpang lebih kurang sekitar 4.000 orang atau jemaah. Selain itu, kondisi ini, memuncak pada akhir pekan.

Rekomendasi