Cek Kesiapan Mudik di Merak, Korlantas Polri Berharap Macet Hilang

| 07 Mar 2023 09:31
Cek Kesiapan Mudik di Merak, Korlantas Polri Berharap Macet Hilang
Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi di Pelabuhan Merak, Banten. (Muhammad Iqbal)

ERA.id - Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi mengecek kesiapan jalur mudik Lebaran 2023 menuju Pelabuhan Merak, Banten. Pengecekan tersebut dilakukan di jalur tol Tangerang-Merak dan kesiapan Pelabuhan Ciwadan dan Merak.

"Kita tentunya ingin gambaran tentang Banten yang macet setiap kali Lebaran, harus dihilangkan. Kita harus memastikan agar masyarakat bisa nyaman dalam perjalananan khususnya penyeberangan di Banten ini," ujarnya, Senin (6/3/2023) malam.

Firman menuturkan, pihaknya akan menyiapkan kantong parkir di rest area KM 43 dan KM 68 jalur tol Tangerang-Merak, guna mengurangi antrean menuju Pelabuhan Merak selama arus mudik Lebaran nanti.

"Jadi nanti kita berharap tidak terlihat lagi antrean panjang menuju Pelabuhan Merak di jalur tol. Mereka kita istirahatkan di rest area tambahan ini," katanya.

Firman menjelaskan, pada arus mudik tahun ini, pihaknya akan bekerja sama kembali dengan Pelindo untuk mengaktifkan Pelabuhan Ciwadan. Hal tersebut untuk mengurangi beban di Pelabuhan Merak.

"Pelabuhan alternatif Ciwadan dari Pelindo ini akan kita siapkan juga untuk melayani penyeberangan arus mudik tahun ini. Pelabuhan ini (Ciwadan) semoga bisa menurunkan tekanan arus lalu lintas menuju Pelabuhan Merak," jelasnya.

Selain itu, menurut Firman, terkait pada arus mudik tahun lalu adanya antrean panjang di Jalan Cikuasa Atas menuju Pelabuhan Merak, pihaknya telah berkoordinasi dengan ASDP untuk merelokasi kantor kepolisian sektor kawasan pelabuhan (KSKP).  

"Saat ini kantor KSKP yang semula ada di pintu Pelabuhan Merak akan direlokasi. Nanti akan berdampak pada luasnya pintu masuk ke pelabuhan. Jadi kiriman kendaraan dari Cikuasa Atas itu akan sangat baik menuju pelabuhan sambil menunggu antrean masuk ke kapal," ungkapnya.

Firman menambahkan, berbagai manajemen pengaturan lalu lintas serta kesiapan fisik baik prasarana lainnya tengah dimatangkan, agar masyarakat bisa menjalani mudik dengan nyaman di 2023 ini.

Rekomendasi