KKB Papua Serang Pesawat yang Mau Mendarat di Bandara Billorai Intan Jaya

| 08 Mar 2023 13:02
KKB Papua Serang Pesawat yang Mau Mendarat di Bandara Billorai Intan Jaya
Intan Jaya, Papua.

ERA.id - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua menyerang pesawat Smart Aviation PK-SNG bermuatan kargo, saat akan mendarat di Bandara Billorai, Kabupaten Intan Jaya, Selasa (7/3) kemarin.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo menerangkan KKB Papua menembak pesawat ini sekira pukul 07.55 WIT.

"Sementara giat bongkar barang kargo oleh porter, kemudian terdengar bunyi tembakan sebanyak 5 kali, sehingga masyarakat sekitar dengan cepat berlindung ke Pospol Bandara untuk berlindung," kata Benny dalam keterangannya, Rabu (8/3/2023).

Sekira pukul 08.20 WIT, pesawat Daby Air ingin mendarat di Bandara Billorai, namun petugas TNI-Polri langsung mengarahkan pesawat itu untuk kembali ke Nabire. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi agar KKB Papua tidak menyerang.

Benny menerangkan aparat gabungan bergeser ke Pos Pasopati J2 untuk mencari KKB Papua. Sesampainya di sana, sempat terjadi baku tembak. "Tidak ada korban," ucap Benny.

Kapolres Intan Jaya, AKBP Afrizal Asri menambahkan KKB papua yang menyerang di Bandara Billorai diduga di bawah pimpinan Apem Kobogau.

"Diduga ini adalah ulah Kelompok Kriminal Bersenjata Kodap VIII Intan Jaya pimpinan Apen Kobogau yang bersama dengan Apertinus Kobogau. Kami juga menduga kelompok tersebut ingin menganggu aktifitas bandara, namun hal ini akan kami telusuri lebih lanjut," ucap Afrizal.

Rekomendasi