Ganjar Pranowo Datangi Lereng Merapi Cek Kondisi Warga dan Fasilitas Penunjang Pasca Erupsi

| 16 Mar 2023 06:52
Ganjar Pranowo Datangi Lereng Merapi Cek Kondisi Warga dan Fasilitas Penunjang Pasca Erupsi
Ganjar Pranowo saat berkunjung ke Pos Pengamatan Gunung Merapi di Babadan Magelang (Dok Pemprov Jateng)

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan kunjungan dan dialog dengan Mbah Darto dan beberapa warga usia lansia lainnya di aula Desa Krinjing Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang pada hari Senin (13/3/2023).

Dalam pertemuan tersebut, Ganjar Pranowo tampak akrab dan hangat dalam berbincang dengan Mbah Darto yang merupakan salah satu warga yang hadir.

Ganjar Pranowo juga memperoleh penjelasan dari beberapa pihak, diantaranya berkaitan dengan dampak guyuran hujan abu vulkanik Gunung Merapi. Keberadaan 'sister village' atau desa bersaudara antara Desa Krinjing dan Desa Deyangan juga disinggung.

Ganjar Pranowo mengatakan bahwa mereka yang tinggal di kawasan lereng Gunung Merapi sudah mengerti sebenarnya dan tinggal menjaga agar masyarakat aman.

Kunjungan ini juga membahas keluhan pakan ternak, dimana Ganjar Pranowo langsung berkomunikasi dengan pusat untuk bantuan.

"Dari kementerian tadi sudah turun, kementrian pertanian, saya minta hari ini hasil pendataannya segera dilaporkan kepada Dirjen agar kita bisa mendapatkan keputusan cepat. Harapan saya besok atau lusa sudah ada suplai pakan ternak," ujarnya.

Ganjar Pranowo juga akan mencarikan alternatif solusi lain untuk mengatasi ketersediaan pakan ternak agar masyarakat yang memiliki hewan ternak lebih tenang.

Selain itu, Ganjar Pranowo juga melakukan kunjungan ke Pos Pengamatan Gunung Merapi di Babadan Magelang pada Senin sore. Didampingi Kepala BPPTKG Agus Budi Santoso dan beberapa petugas, Ganjar Pranowo juga memperoleh penjelasan tentang kegiatan yang berlangsung di pos pengamatan yang berjarak sekitar 4,4 Km dari puncak Gunung Merapi.

Dalam pertemuan dan kunjungan tersebut, Ganjar Pranowo menekankan pentingnya menjaga keselamatan masyarakat yang tinggal di kawasan lereng Gunung Merapi.

"Tinggal kita menjaga agar masyarakat aman," katanya.

Ganjar Pranowo juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus memantau dan memberikan bantuan yang diperlukan agar masyarakat dapat merasa aman dan terlindungi.

Seperti yang diungkapkan oleh Ganjar Pranowo, "Kita akan terus memonitoring dan terus bergerak, terus berkoordinasi bersama agar semua yang kita lakukan ini bermanfaat untuk masyarakat."

Rekomendasi