Disdik Jawa Barat Sebut Dapodik Muhamad Sabil Tidak Dihapus: Tidak Dipecat, tapi Ingatkan untuk Gunakan Bahasa yang Baik

| 16 Mar 2023 19:13
Disdik Jawa Barat Sebut Dapodik Muhamad Sabil Tidak Dihapus: Tidak Dipecat, tapi Ingatkan untuk Gunakan Bahasa yang Baik
Muhammad Sabil Fadilah (Instagram)

ERA.id - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat memastikan Data Pokok Pendidik (Dapodik) milik mantan guru SMK Telkom Sekar Kemuning Kota Cirebon, Muhammad Sabil Fadilah (34) tidak dihapus dari sistem Kemdikbud.

"Dari sisi kami, Dapodik itu masih terdaftar, kami tidak mencabut data itu. Jadi disisi kami tetap ada, dan yang bersangkutan masih terdata sebagai guru," begitu dikatakan Kepala Disdik Jawa Barat, Wahyu Mijaya pada Kamis (16/3/2023).

Wahyu menjelaskan, kata maupun perilaku apalagi bagi tenaga pendidik harus disampaikan dengan baik karena itu akan dicontoh oleh peserta didiknya.

"Jadi komunikasi saya dengan KCD (Wilayah X Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, dan Kota Cirebon) kita saling mengingatkan, karena posisinya sebagai tenaga pendidik yang bisa jadi ditiru oleh siswa-siswi kita. Kalau sampai ke pemecatan itu tidak, tapi kalau mengingatkan untuk mengunakan bahasa yang baik iya," jelasnya.

Dapodik milik Muhammad Sabil Fadilah (Istimewa)

Terpisah, Muhammad Sabil Fadilah (34) mengaku Dapodik miliknya telah dikembalikan pada Rabu (15/3/2023) kemarin. Namun, Sabil mengaku Dapodik miliknya memang benar ada pencabutan.

"(Dapodik) sudah dikembalikan lagi pada Rabu (15/3/2023) kemarin. Sempat ada pencabutan kurang lebih selama 24 jam," kata Sabil.

Meski demikian, Sabil tidak mengetahui siapa yang memerintahkan dan yang mencabut Dapodik miliknya.

"Siapa yang memerintah entah siapa. Tapi yang pasti Dapodik sudah dipulihkan," lanjutnya.

Berdasarkan data yang diberikan oleh Sabil kepada Era.id, Dapodik dirinya telah kembali dan berstatus 'Terkoneksi'.

Rekomendasi