Kebijakan Gubernur yang Melarang Bule Sewa Motor di Bali Diprotes

| 17 Mar 2023 10:29
Kebijakan Gubernur yang Melarang Bule Sewa Motor di Bali Diprotes
Bule melanggar aturan lalu lintas di kawasan Canggu, Badung, Bali, Kamis (9/3/2023). (Antara)

ERA.id - Sejumlah pemilik rental motor di Bali tak setuju dengan rencana aturan gubernur Bali yang melarang bule menyewa motor. Larangan tersebut muncul lantaran banyaknya bule yang ugal-ugalan membawa motor dan melabrak aturan.

“Terus terang, saya sebagai pengusaha kecil yang baru mencoba sebetulnya sangat risau dan kurang setuju mendengar apa yang disampaikan oleh Bapak Gubernur Bali, sangat risau. Ada turis dari Rusia dan Ukraina tiba-tiba mengembalikan motor yang belum masa waktunya dikembalikan,” kata I Wayan Sudiarta, pemilik usaha rental motor di Kuta Utara, Kamis (16/3/2023).

Wayan Sudiarta menjelaskan pihak Paguyuban Rental Motor (PRM) di Bali berencana untuk menemui pihak terkait guna membahas rencana aturan tersebut.

“Kemarin teman-teman PRM Bali mau berbicara dulu dengan siapa-siapa yang barangkali mau menyuarakan ini. Itu baru rencana, kami belum tahu pastinya kapan,” kata I Wayan Sudiarta.

Senada dengan Wayan, pemilik usaha rental motor di Kuta Utara lainnya, Gede juga gusar. “Tapi kita sebagai warga kan ya mematuhi saja aturan-aturannya. Sekarang mulai ada imbasnya sedikit, jadi mulai agak sepi yang sewa motornya,” kata Gede.

Begitu juga Nyoman Ari Bawe, seorang pengelola usaha rental motor di Sanur, mengatakan kerisauannya dengan adanya rencana aturan tersebut.

“Untuk risau pasti ada karena nanti pasti customernya terpengaruh kalau aturan itu jadi. Saya sih setuju tidak setuju, karena kalau dari saya pribadi, cuma bisa pasrah saja. Kalau itu yang terbaik untuk Bali, saya serahkan semua kepada pemerintah,” katanya.

Nyoman Ari Bawe lalu berharap agar larangan tersebut tidak terealisasi dan meminta turis mancanegara untuk memiliki perlengkapan berkendara dan memahami aturan yang berlaku.

“Kalau harapan saya tidak usah dilarang sih, boleh dikasih turis-turis itu untuk sewa motor, tapi diatur yang jelas sedemikian rupa aturannya tapi yang tegas, seperti harus punya sim internasional, bisa berkendara dengan baik, dan mau mematuhi lalu lintas, itu yang wajib dipenuhi menurut saya,” pungkas Nyoman Ari Bawe.

Rekomendasi