Selain Larang Bule Sewa Motor, Gubernur Bali Perketat Pengawasan Turis Asing: Yang Melanggar Akan Ditindak!

| 13 Mar 2023 10:43
Selain Larang Bule Sewa Motor, Gubernur Bali Perketat Pengawasan Turis Asing: Yang Melanggar Akan Ditindak!
Ilustrasi turis asing (Antara)

ERA.id - Gubernur Bali I Wayan Koster menyatakan akan memperketat pengawasan turis asing yang melanggar aturan di daerahnya.

Hal ini disampaikan I Wayan Koster usai mengumumkan kebijakan yang akan melarang wisatawan asing di Bali menyewa atau meminjam motor.

Dia mengatakan pengetatan pengawasan itu dilakukan lantaran banyak wisatawan yang menyalahgunakan izin tinggal.

"Yang mengganggu kenyamanan pariwisata, kenyamanan, keindahan, dan kekayaan budaya Bali, setelah berkoordinasi dengan Kapolda dan Kanwil kemenkumham Bali, untuk melakukan tindakan tegas terhadap para turis, wisatawan, warga negara asing yang tindakannya itu tidak sesuai dengan norma hukum yang berlaku di Indonesia dan budaya yang ada di Bali khususnya," kata dia pada Minggu (12/3/2023) dikutip dari Antara.

Seperti diketahui, Gubernur Bali I Wayan Koster melarang wisatawan khususnya warga negara asing yang melakukan perjalanan wisata di Bali untuk menyewa atau rental motor.

I Wayan Koster mengemukakan hal itu saat menggelar konferensi pers di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Bali, Denpasar, Minggu.

Ia mengatakan bahwa pemprov setempat telah memiliki sejumlah peraturan yang mengatur tentang warga negara asing melalui peraturan Gubernur Bali mengenai tata kelola pariwisata di provinsi ini, termasuk larangan bagi warga negara asing untuk menggunakan kendaraan bermotor.

"Jadi, para wisatawan itu harus berpergian jalan menggunakan mobil-mobil dari travel agent. Tidak diperbolehkan lagi menggunakan kendaraan yang bukan dari travel agent. Pinjam atau sewa itu tidak diperbolehkan lagi," katanya menegaskan.

Berdasarkan hasil penindakan Polda Bali, ditemukan banyak wisatawan khususnya wisatawan mancanegara melanggar aturan lalu lintas mulai dari tidak pakai baju saat berkendara, tidak pakai helm sampai tidak ada lisensi untuk berkendara.

Rekomendasi