Viral Polantas Joget-joget Tertibkan Pengguna Jalan, Polisi Dinilai Sedang Hilangkan Kesan Garang

| 22 Mar 2023 21:30
Viral Polantas Joget-joget Tertibkan Pengguna Jalan, Polisi Dinilai Sedang Hilangkan Kesan Garang
Aksi lucu polisi lalu lintas. (Twitter)

ERA.id - Sebuah video dari TikTok yang menampilkan aksi lucu personel polisi lalu lintas saat menertibkan pengguna jalan viral di lintas media sosial.

Di video berlogo akun Tiktok @satlantasjogja itu tampak seorang polisi tengah mendekati pengguna sepeda motor yang diduga melanggar aturan lalu lintas. Namun, bukan dengan berjalan seperti biasa, polisi itu justru meloncat-loncat dengan kaki bergantian.

Setelah itu terlihat pula polisi menunjukkan rambu lalu lintas sambil menggerakkan tangan dan kaki seperti berjoget. Pesepda motor di depannya pun tampak mengangguk-angguk.

Di Twitter, seperti dibagikan akun  @txtdrberseragam, video ini menuai respons beragam. “Aku yg malu liat tingkah si bapak haha,” celetuk akun @inayaanindira. “Nah gitu kek banyak gerak biar ga buncit,” cuit akun @blckoffie.

Dimintai tanggapan soal aksi ini, Kepala Divisi Humas Jogja Police Watch (JPW) Baharuddin Kamba menilai cara-cara polisi khususnya Polantas dengan mengikuti konten kekinian di media sosial seperti dalam video tersebut cukup menghibur pengguna jalan daripada dengan cara-cara konvensional.

“Masyarakat butuh polisi yang dapat menghibur pengguna jalan dengan tidak mengurangi kewibawaan seorang polisi,” kata dia kepada ERA.ID, Rabu (22/3/2023).

Menurut dia, edukasi dan  sosialisasi tentang pentingnya tertib berlalu-lintas selama ini lebih banyak dengan cara-cara konvensional misalnya diskusi di sekolah-sekolah. Dibutuhkan peran serta masyarakat dalam mematuhi lalu-lintas.

“Cara seperti video di atas sangat dibutuhkan, seperti kalangan anak muda maupun pelajar, agar tidak ada kesan polisi selama ini garang,” ujarnya.

Rekomendasi