Jadwal Tukar Uang Baru di Solo Raya, BI Solo Siapkan Rp4,9 Triliun untuk Ramadan dan Lebaran

| 01 Apr 2022 16:35
Jadwal Tukar Uang Baru di Solo Raya, BI Solo Siapkan Rp4,9 Triliun untuk Ramadan dan Lebaran
Penukaran Uang di Solo (Amalia/era,id)

ERA.id -Layanan penukaran uang baru untuk persiapan lebaran dimulai hari ini Jumat (1/4/2022). Layanan penukaran uang baru ini dilayani di halaman Pasar Legi, Solo.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo Nugroho Joko Prastowo mengatakan saat ini sudah menyiapkan Rp4,9 triliun uang baru untuk periode lebaran tahun 2022 ini.

Jumlah ini meningkat dibandingkan periode lebaran tahun lalu. Tahun lalu BI Solo menyiapkan Rp4,3 triliun.

"Tahun ini jumlahnya jauhblebih banyak dibandingkan awal pandemi. Tahun 2020 kami hanya menyiapkan Rp3 triliun, tahun lalu kita siapkan Rp4,3 triliun dan sekarang Rp4,9 triliun," katanya.

Jumlah yang disiapkan ini akan ditambah sesuai dengan permintaan masyarakat. Sebab tidak ada pembatasan dalam penukaran uang baru tahun ini.

Namun untuk sistem penukaran uang baru disesuaikan aturan. Hal ini bertujuan agar ada pemerataan.

"Kalau kurang akan kami ambilkan dari Kantor BI Semarang dan dari pusat. Jadi tidak ada pembatasan," ucapnya.

Untuk layanan penukaran uang ini, disiapkan enam mobil kas keliling dari berbagai bank. Untuk titik penukarannya ada 191 lokasi.

BI Solo juga berencana menerjunkan mobil kas keliling ke lokasi sentra vaksinasi. Untuk jadwalnya akan disesuaikan dengan jadwal vaksinasi dari Pemkot Solo.

"Nanti kami atur jadwalnya untuk keliling pasar, ada ide juga dari mas Wali untuk menyediakan di sentra vaksinasi," katanya.

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakam layanan ini bisa melayani masyarakat di pasar tradisional. "Tadi saya juga tukar pecahan Rp5 ribu, untuk parkir," katanya.

Kami juga pernah menulis soal Pastikan Pertemuan Ganjar-Bobby-Gibran Tak Terkait Pemilu 2024, PDIP: Mereka Bukan Pengurus Partai Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi