Bangunan Sudah Tua, Dugaan Penyebab Robohnya Kubah Masjid di Makassar Timpa Belasan Jemaah

| 27 Mar 2023 13:14
Bangunan Sudah Tua, Dugaan Penyebab Robohnya Kubah Masjid di Makassar Timpa Belasan Jemaah
Kubah Masjid Ittifaqul Jama'ah Pattingalloang, di Jalan Barukang 1, Kelurahan Pattingalloang, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (Sachrul Ramadhan/ERA.id)

ERA.id - Otoritas pemerintah, telah menyimpulkan sementara dugaan penyebab robohnya kubah Masjid Ittifaqul Jama'ah Pattingalloang, di Jalan Barukang 1, Kelurahan Pattingalloang, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (26/3/2023) malam. 

Konstruksi bangunan kubah yang sudah usang dimakan usia, disebut-sebut jadi dugaan penyebabnya. "Memang kondisi bangunan kubah masjid ini usianya sudah di atas 20 tahun,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar Achmad Hendra Hakamuddin dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (28/3/2023). 

Akibat kejadian itu, 12 orang warga sekaligus jemaah yang hendal salat tarwih tertimpa reruntuhan bangunan yang roboh. Menurut Hendra, jemaah saat itu baru selesai salat Isya dan sementara mendengarkan ceramah jelang tarwih. Kendati begitu, para korban telah mendapat perawatan medis. 

Mereka masih dirawat di tiga rumah sakit terpisah di Kota Makassar. Terpisah Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Yudi Frianto mengatakan, pihaknya masih menyelidiki penyebab pasti kejadian itu. “Kami akan dalami peristiwa ini. Yang roboh, kubah bagian tengah masjid,” ucap Yudi. 

Dalam proses penyelidikan ini, petugas kepolisian menggandeng pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU). Polisi juga sedang merampungkan keterangan beberapa saksi di lokasi kejadian sejak semalam. “Karena yang tahu, para saksi. Nanti PU yang ngecek,” imbuh Yudi. 

Keterangan foto: Kondisi pascarobohnya konstruksi kubah Masjid Ittifaqul Jama'ah Pattingalloang, Kota Makassar. 

Rekomendasi