Semangat Tuna Netra di Cimahi Pelajari Al-Qur'an Digital Braile Bikin Terenyuh

| 28 Mar 2023 09:47
Semangat Tuna Netra di Cimahi Pelajari Al-Qur'an Digital Braile Bikin Terenyuh
Penyandang disabilitas ketika membaca Al-Qur'an digital braille (Reza Deny/Era.id)

ERA.id - Raut wajah bahagia terpancar dari wajah Irman (17), salah seorang penyandang disabilitas asal Kota Cimahi. Ia amat bahagia mendapatkan Al-Qur'an digital braille gratis.

Baginya, Al-Qur'an digital yang didapatnya kali ini adalah keberkahan di bulan Ramadan bagi penyandang tuna netra seperti dirinya. Selain Irman, ada ratusan penyandang disabilitas lainnya yang mendapat bantuan serupa.

Al-Qur'an digital braille yang dilengkapi dengan mikrofon dibagikan pada Senin (27/3/2023) di Rumah Disabilitas Titian Bangsa Cimahi, Jalan Lurah, Kota Cimahi.

"Alhamdulillah senang dan bersyukur bisa dapat hadiah ini. Sudah lama juga saya mau, tapi kan belum ada rezeki. Nah sekarang dapat hadiah dari orang baik," tutur Irman.

Keterbatasan fisik bukan penghalang bagi Irman untuk membaca dan menghapal ayat suci Al-Qur'an. Ia sudah belajar membaca huruf bralile pada buku biasa dan mulai menerapkannya pada Al-Qur'an tahun 2019.

Namun dengan mushaf digital, bacaannya bisa lebih disempurnakan dan memudahkannya menghafal ayat demi ayat. "Insya Allah lebih mudah, jadi bisa bacaannya lebih baik lagi dan membantu saya untuk menghafal Al-Qur'an sampai 30 juz," kata Irman.

Pengurus Rumah Disabilitas Titian Bangsa, Yanti Yulianti Rivai mengatakan Al-Qur'an digital braille itu merupakan hadiah dari yayasan yang berada di Singapura dan Aceh.

"Alhamdulillah hari ini kami mendapat bantuan 250 Al-Qur'an digital braille yang disalurkan kepada 250 disabilitas netra di Cimahi dan sekitarnya dari yayasan di Singapura dan Aceh," kata Yanti.

Momen penyaluran Al-Qur'an tersebut bertepatan dengan bulan Ramadan, sehingga mendukung niat para penyandang tuna netra untuk lebih getol tadarus.

"Momennya bertepatan dengan Ramadan. Jadi bisa memfasilitasi keinginan mereka tadarus. Kemudian ini mengeluarkan audio jadi memudahkan mereka mengaji juga dan lebih mudah menghafal Al-Qur'an," pungkas Yanti.

Rekomendasi