Jokowi Singgung Kemacetan di Makassar Saat Resmikan Kereta Api Trans Sulawesi di Maros

| 29 Mar 2023 14:00
Jokowi Singgung Kemacetan di Makassar Saat Resmikan Kereta Api Trans Sulawesi di Maros
Presiden Jokowi didampingi istrinya Iriana Joko Widodo dan Menko Marves Luhut BP dalam peresmian pengoperasian KA Trans Sulawesi di Maros, Sulsel. (Biro Pers Istana)

ERA.id - Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian kereta api (KA) di Sulawesi Selatan. KA melayani rute Kota Makassar, Kabupaten Maros, hingga ke Kota Parepare. Rute sementara sepanjang 80 kilometer yang diresmikan Jokowi, menghubungkan antara Kabupaten Maros dan Barru.

“Ini nanti kalau betul-betul keretanya banyak, ada untuk penumpang, ada wisata dan barang, ini akan memberikan daya saing competitivness, negara kita akan semakin baik,” kata Jokowi disela peresmian pengoperasian di Depo Kereta Api Maros, Rabu (29/3/2023).

Jokowi menyebut, pembangunan jalur dan pengoperasian KA di Sulsel menjadi pemantik wilayah lain untuk membuat hal serupa. Menurutnya, jalur ini nantinya, akan menghubungkan antara Sulawesi Selatan hingga berbagai daerah di Sulawesi Utara. Namun pembangunannya bertahap.

“Saya sangat senang dan menghargai apa yang sudah kita mulai ini, jalur kereta api trans Sulawesi yang nantinya Insyallah, akan sambung-menyambung dari Makassar sampai ke Sulawesi Utara di Manado. Meski sekarang ini baru dari Makassar sampai ke Parepare,” ucapnya.

Di sisi lain Jokowi menyinggung bahwa Indonesia sebenarnya terlambat membuat sarana transportasi umum. “Hampir di semua pulau besar dan kota-kota kita ini terlambat dalam membangun transportasi publik, transportasi massal, padahal itu hal yang sangat basic untuk menghubungkan antara provinsi, kota, dan kabupaten,” tegas Jokowi.

Menurut Jokowi keterlambatan ini memicu apatisme masyarakat menggunakan transportasi publik. Semua orang justru berlomba-lomba pakai kendaraan pribadi. Akibatnya terjadi kemacetan. Jokowi juga menyebut beberapa daerah yang jadi atensi tingkat macet terparah di Indonesia.

“Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Semarang, Makassar, macet semua karena kita terlambat membangun transportasi publik. Di Jakarta terlambat 30 tahun kira-kira, meski sekarang sudah ada MRT tapi baru satu jalur, ada LRT tapi juga belum jalan,” ujar Jokowi.

Jokowi berharap semua daerah di Indonesia bisa mengembangkan sarana transportasi untuk mengurai kemacetan seperti yang dicontohkan Sulawesi Selatan. “Ini adalah pilihan yang bisa kita berikan kepada masyarakat, pengusaha, dengan jalur yang telah kita bangun ini,” imbuh Jokowi.

Rekomendasi