Kilang Pertamina Meledak Lagi, Kini di Dumai Riau, Lima Pekerja Luka, Plafon Masjid Runtuh

| 02 Apr 2023 08:10
Kilang Pertamina Meledak Lagi, Kini di Dumai Riau, Lima Pekerja Luka, Plafon Masjid Runtuh
Ilustrasi kilang minyak Pertamina Balongan terbakar tahun lalu (Antara)

ERA.id - Pertamina dilanda celaka lagi. Setelah Depo Pertamina Plumpang di Jakarta Utara terbakar, kini Kilang Pertamina Refinery Unit II Dumai Provinsi Riau meledak.

Insinden terjadi pada Sabtu (1/4) malam sekitar pukul 22.40 WIB. Buntutnya, lima pekerja mengalami luka-luka, kaca rumah warga pecah, dinding bangunan sekitar retak, dan plafon masjid berjatuhan.

Juru Bicara Pertamina RU II Dumai Agustiawan, Minggu dini hari, mengatakan lima korban telah dibawa ke RS Pertamina Dumai untuk memperoleh perawatan terbaik. "Kondisi pekerja terdampak tersebut saat ini stabil," katanya dalam sebuah pernyataan.

Saat ini Tim Keadaan Darurat Pertamina juga telah berhasil mengatasi kejadian di area gas compressor Kilang Dumai. Kebakaran telah dapat dikendalikan pada Sabtu malam sekitar pukul 22.54 WIB.

Agustiawan mengatakan saat ini operasional kilang di unit terdampak dihentikan sementara untuk memastikan keamanan di lokasi. Sementara unit lain di Pertamina Dumai tetap beroperasi secara normal.

Untuk penyebab kejadian sendiri hingga saat ini masih belum diketahui. "Saat ini Tim terus fokus untuk memastikan kondisi aman. Pertamina Kilang Dumai juga terus memantau, memastikan agar masyarakat di sekitar kilang tidak terdampak oleh kejadian ini," kata Agustiawan.

Kebakaran tersebut sebelumnya disertai beberapa ledakan yang terdengar dari jarak hingga lebih 25 kilometer. Agustiawan memastikan Pertamina akan bertanggung jawab atas dampak insiden tersebut.

Rekomendasi