Pemkot Kediri Minta Penjual Jangan Pakai Kertas Koran untuk Bungkus Makanan

| 02 Apr 2023 09:23
Pemkot Kediri Minta Penjual Jangan Pakai Kertas Koran untuk Bungkus Makanan
ILUSTRASI. Koran bekas yang dipakai alas untuk salat Ied. (Antara)

ERA.id - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, menganjurkan para pedagang tak pakai kertas koran untuk membungkus makanan karena tak higienis.

"Masih banyak yang belum memahami bahayanya, jadi kami harapkan semua pedagang mematuhi imbauan ini untuk tidak menggunakan koran sebagai bungkus makanan karena bisa membahayakan kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri dokter Fauzan Adima.

Fauzan bilang tinta yang terdapat pada koran bisa menimbulkan penyakit jika terkontaminasi pada makanan.

Pihaknya juga telah menginspeksi beberapa penjual takjil. Di sana dismapaikan bahwa tinta dikhawatirkan dapat meleleh dan mencemari makanan jika terkena panas.

"Sayang sekali jika makanan sebenarnya sudah aman, namun karena terkontaminasi bungkus koran menjadi berbahaya," kata dia.

Sidak digelar di dua lokasi berbeda yaitu di Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kota Kediri. Total sebanyak 35 sampel yang diambil secara acak dari para pedagang.

Pihaknya juga menguji kandungan yang terdapat pada makanan yang dijual di antaranya pada tahu, kerupuk, janggelan, dan keripik usus.

"Alhamdulillah, dari sampel yang diambil semuanya negatif, baik dari pewarna, bahan pengawet, boraks dan dari bahan-bahan berbahaya lainnya," kata Fauzan.

Rekomendasi