1.049 Personel Siap Amankan Mudik di Wilayah Bogor

| 02 Apr 2023 23:01
1.049 Personel Siap Amankan Mudik di Wilayah Bogor
Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin bersama jajarannya. (Antara)

ERA.id - Sebanyak 1.049 personel diterjunkan ke lokasi untuk membantu kelancaran arus mudik 1444 Hijriah di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melalui Operasi Ketupat Lodaya 2023.

"Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2023, kami siagakan 1.049 personel kepolisian," kata Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin di Cibinong, Bogor, Minggu (2/4/2023). 

Menurutnya, personel Kepolisian yang disiagakan tersebut nantinya akan dibantu oleh petugas gabungan dari TNI, Tenaga Kesehatan, PMI, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tagana, dan tim relawan.

Iman menjelaskan bahwa petugas gabungan Operasi Ketupat Lodaya akan disebar ke beberapa titik pos komando pengamanan terpadu di beberapa wilayah Kabupaten Bogor.

"Adapun beberapa pos terpadu yang akan diturunkan anggota untuk penjagaan diantaranya Mako Polres Bogor, Pos Pelayanan di Gadog Ciawi, dan 19 Pos Pengamanan yang tersebar di wilayah timur, tengah, utara, barat dan selatan Kabupaten Bogor," papar Iman.

Ia mengatakan, petugas yang berjaga di posko memiliki beberapa fungsi, mulai dari memperlancar arus lalu lintas, membantu pengamanan di jalur mudik dan jalur wisata, hingga melakukan uji kelayakan terhadap angkutan mudik.

Di samping itu, Iman mengaku telah berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait untuk melakukan upaya mitigasi dan penanganan bencana selama arus mudik.

"Kami sudah melaksanakan pelatihan dan melakukan sosialisasi bersama BPBD, Tagana dan Dinas Pemadam Kebakaran. Agar nanti terjadi bencana alam tidak bakal jatuh korban jiwa ataupun luka," tuturnya. (Ant)

Rekomendasi