Mengintip Keunikan Masjid yang Mirip Kakbah di Cikoneng Bandung Barat

| 06 Apr 2023 14:57
Mengintip Keunikan Masjid yang Mirip Kakbah di Cikoneng Bandung Barat
Masjid Mirip Kakbah di Kabupaten Bandung Barat (Reza Deny/ERA)

ERA.id - Sebuah masjid yang dinamai Al-Fikri, menyerupai Kakbah. Dia menjadi penyejuk di bulan suci Ramadan bagi warga Kampung Cikoneng, RT 02/15, Desa Mukapayung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Konseptor di balik berdirinya masjid ini ialah Dedi Al Fikri (45). Masjid yang digarap tahun 2022 ini berada di tapal batas Kabupaten Bandung Barat dengan Kabupaten Bandung.

"Kalau masjidnya sebetulnya sudah ada dari sebelum saya lahir, tapi ada beberapa kali pemugaran. Dan terakhir dilakukan pemugaran tahun 2022," ujar Dedi pada Kamis (7/4/2023).

Ide menyulap masjid mirip seperti Kakbah muncul di benak Dedi yang begitu mengagumi dan berhasrat pergi ke tanah suci Makkah. Ide itu kemudian dimusyawarahkan dengan warga yang sama-sama memiliki keinginan bisa menyentuh Hajar Aswad yang asli.

Masjid lama yang sebelumnya berdiri pun dipugar dan dibangun menjadi masjid baru yang berukuran sekitar 7x17 meter. Ornamen kaligrafi yang dibuat santri salah satu pesantren di Desa Batulayang, Kecamatan Cililin mengitari Masjid Al-Fikri.

Kaligfari berwarna keemasan pada permukaan cat hitam berisi Sholawat, Surat Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq hingga Al-Ikhlas. Di salah satu sudut masjid juga dipasang ornamen yang menyerupai Hajar Aswad.

"Terinsiprasi bikin masjid Kalbah berawal dari nazar. Jadi sebelum kalau Allah takdirkan ke tanah suci saya mau bikin masjid dulu," ucap Dedi.

Dedi menegaskan, masjid ini tujuannya untuk mengajak masyarakat agar lebih antusias beribadah di masjid dan menjadi sarana edukasi bagi masyarakat. Khususnya anak-anak yang berada di wilayah tersebut.

"Bentuknya seperti Kakbah bukan berarti menyaingi Kakbah, kalau Kakbah hanya satu. Ini hanya replika, tujuannya supaya lebih antusias lagi warga sini beribadah di masjid berjamaah kedua bangunan ini mengandung dakwah," jelasnya.

Kini Masjid Al-Fikri sudah bisa digunakan untuk kegiatan keagamaan umat Islam termasuk di Bulan Ramadan. Dari mulai salat berjamaah, pengajian rutin, salah tarawih dan berbagai kegiatan keagamaan lainnya.

Ke depan, Dedi berencana menambah ornamen Masjid Al-Fikri di beberapa bagian. Salah satunya menara yang rencananya akan dipasang di atas aliran sungai yang tepat berada di depan aliran masjid tersebut.

"Ini jadi Ramadan pertama di masjid replika Kakbah ini. Rencana memang ke depan ada penambahan, termasuk nanti dipasang penutup di bagian selasarnya," sebut Dedi.

Rekomendasi