Pemkab Wonogiri Bagikan 294 Kendaraan ke Kades Senilai Rp9,4 Miliar: Kendaraan Kades Sudah Berusia 10 Tahun

| 06 Apr 2023 16:54
Pemkab Wonogiri Bagikan 294 Kendaraan ke Kades Senilai Rp9,4 Miliar: Kendaraan Kades Sudah Berusia 10 Tahun
Bupati Wonogiri Joko Sutopo (Instagram bupatiwonogiri)

ERA.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri membagikan 294 kendaraan dinas pada seluruh kepala desa di Wonogiri. Pembagian kendaraan dinas ini menelan anggaran Rp9,4 miliar. Hal ini disampaikan Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Kamis (6/4/2023). Kendaraan dinas ini diberikan untuk 251 desa dan 43 kelurahan.

"Kebijakan ini karena ada pertimbangan panjang. Diawali dengan kinerja aparatur desa dan kelurahan," kata Joko.

Kemudian Wonogiri juga secara berturut-turut mengelola dana desa secara positif sehingga juara 1 pengelolaan Dana Desa. "Ini merepresentasikan profesionalitas masing-masing kepala desa," katanya.

Selain itu dalam skema kinerja ada prestasi dengan tambahan 4 persen atau setara dengan Rp39 miliar. Pada 2022, Wonogiri mendapatkan dana desa sebesar Rp213 miliar dan saat ini bertambah menjadi Rp252 miliar.

"Kondisi ini menyebabkan kami mengambil kebijakan ini. Sebab kendaraan inventaris kades sudah berusia 10 tahun," katanya.

Berdasarkan hal tersebut akhirnya Pemkab Wonogiri menganggarkan Rp9,4 miliar untuk 294 kendaraan dinas bagi kepala desa. Saat ditanya apa alasan pemilihan warna merah dalam proses pengadaannya, selama ini pihaknya tidak menunjukkan merk. Hanya produk ini sesuai dengan spesifikasinya.

"Pertimbangan saya, merah adalah warna yang menyala. Wonogiri berbukit-bukit dan bergunung-gunung. Tendensinya ini merepresentasikan sebuah semangat dan komitmen. Simbol warna merah ini menyala dan dominan," katanya.

Rekomendasi