Operasional Delman di Bandung Barat Dibatasi Selama Mudik Lebaran 2023

| 06 Apr 2023 22:16
Operasional Delman di Bandung Barat Dibatasi Selama Mudik Lebaran 2023
Sejumlah Delman yang sedang menunggu penumpang di sekitar Padalarang (Reza Deny/Era.id)

ERA.id - Operasional dan jalur delman atau andong di kawasan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal dibatasi selama arus mudik lebaran 1444 Hijriah.

"Untuk angkutan delman, mereka di larang beroperasi di Jalan Raya Padalarang sejak H-7 sampai H+7, atau selama arus mudik dan balik lebaran nanti," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), KBB, Fauzan Azima saat dihubungi pada Kamis (7/4/2023).

Kawasan Padalarang merupakan akses utama para pemudik khususnya yang menggunakan sepeda motor dari arah Sukabumi, Cianjur, Jakarta, Bekasi dan sekitarnya yang mengarah ke wilayah Priangan Timur hingga ke Jawa Tengah.

Pembatasan operasional itu dilakukan untuk mencegah kemacetan di kawasan Padalarang yang biasanya kerap terjadi saat mudik lebaran. Nantinya  delman dilarang untuk masuk ke kawasan Padalarang.

"Paling mereka beroperasi di sekitar Jalan Rancabali tidak sampai ke Jalan Raya Padalarang," ucap Fauzan.

Dia mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi dengan para kusir delman yang biasa melintas di Jalan Raya Padalarang. Sejauh ini puluhan kusir delman yang masih eksis itu merasa tidak keberatan dengan kebijakan tersebut.

Mengingat kebijakan ini sudah biasa dan diterapkan setiap tahunnya pada saat momen mudik lebaran. Mereka hanya diperkanankan menaikkan dan menurunkan penumpang sampai Jalan Purabaya dan tidak bisa masuk ke Jalan Raya Padalarang.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga sudah meminta kepada pelaksana proyek fisik di sepanjang jalur mudik khususnya di Padalarang agar segera menyelesaikan pekerjaannya sebelum H-7. Sebab dirinya ingin semua proyek fisik, tidak ada yang dikerjakan selama arus mudik dan arus balik karena berpotensi menyebabkan kemacetan.

Saat ini di jalur tersebut tengah dilaksanakan pekerjaan perbaikan trotoar dan saluran air. Keberadaan proyek nasional yang dikerjakan Balai Besar Pelaksanaan Jalan (BBPJN) DKI Jakarta dan Jawa Barat tersebut, berdampak pada kemacetan jauh lebih parah dibandingkan biasanya.

"Itu semua juga harus clear (selesai) sebelum H-7, tapi biasanya di tahun  sebelumnya, semua proyek fisik yang berada di jalur mudik sudah berhenti sejak H-10, jadi tidak berimbas kepada arus mudik," pungkasnya.

Rekomendasi