Mudik Tahun Ini, 200 Ribu Masyarakat Diprediksi Tinggalkan Kota Tangerang

| 17 Apr 2023 18:52
Mudik Tahun Ini, 200 Ribu Masyarakat Diprediksi Tinggalkan Kota Tangerang
Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah. (Muhammad Iqbal/ERA.id)

ERA.id - Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah memprediksi sebanyak 100 hingga 200 ribu lebih orang meninggalkan wilayah itu untuk melakukan mudik ke kampung halamannya masing-masing. Jumlah ini mengalami lonjakan dibandingkan tahun sebelumnya lantaran covid-19.

"Prediksi tahun ini akan lebih banyak pemudik, karena sudah tiga tahun masyarakat tidak mudik karena pandemi covid-19," ujarnya, Senin (17/4/2023).

Menurut Arief, wilayahnya menjadi incaran banyak pekerja yang datang dari luar kota untuk bekerja di pabrik terutama yang berasal dari kawasan Jawa Tengah. Lantaran Kota Tangerang memiliki julukan Kota Seribu Industri. 

"Kebanyakan pendatang itu tinggal di kontrakan seperti di wilayah Jatiuwung, Periuk, sebagian di Cibodas terus wilayah Batuceper, karena di sana banyak kawasan-kawasan industri," katanya.

Selain itu, Arief menuturkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang memastikan stok komoditas pangan di wilayahnya tersebut cukup menjelang Lebaran 2023. Selain itu, dipastikan harga pangan juga stabil. 

"Kondisi bahan pokok dan pangan aman. Jadi masyarakat enggak perlu khawatir, enggak perlu ketakutan dengan kebutuhan pokok dan kebutuhan pangan dan lainnya, Insyaallah aman," jelasnya.

Selain itu, Arief menjelaskan, terkait harga bahan pokok di pasar tradisional di Kota Tangerang terpantau kondusif. Meski begitu, lanjutnya, ada kenaikan di beberapa harga bahan pokok.

"Harganya kondusif, ada beberapa kenaikan harga karena itu kondisi pasar tapi terus dikendalikan. Artinya, dinamika pada hari-hari besar tidak menjadi kendala bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya," jelasnya.

Rekomendasi