Puncak Arus Mudik di Bandara Soetta Diprediksi Terjadi pada H-3 Lebaran

| 15 Apr 2023 00:02
Puncak Arus Mudik di Bandara Soetta Diprediksi Terjadi pada H-3 Lebaran
Bandara Soetta. (Foto: Antara)

ERA.id - Puncak arus mudik di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang, Banten diprediksi terjadi pada H-3 Lebaran 2023. Sejumlah persiapan pun sudah disiapkan oleh otoritas setempat demi kelancaran mudik tahun ini.

"Untuk arus mudik proyeksi kami puncaknya H-3 sampai H-1 lebaran, sementara untuk arus baliknya itu terjadi di H+7 lebaran," ucap Executive General Manager (EGM) Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana, Jum'at (14/4/2023).

Dwi menjelaskan, pihaknya memprediksi akan ada lonjakan penumpang pada periode arus mudik dan balik Lebaran 2023 di Bandara Soekarno-Hatta, hingga mencapai ratusan ribu orang per harinya.

"Prediksi kami untuk puncaknya adalah sekitar 172 ribu penumpang. Selain itu, kami prediksi per harinya rata-rata menyentuh sekitar 110-120 ribu penumpang untuk arus mudik dan balik," jelasnya.

Dwi menuturkan pihaknya pun telah mempersiapkan berbagai fasilitas untuk mengantisipasi penumpukan penumpang, seperti penggunaan Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta.

"Terminal 1B sudah siap beroperasi untuk melayani penumpang, tentunya pada saat nanti kondisi dibutuhkan khususnya pada saat Terminal 1A sudah melewati batas treshold 25 ribu penumpang per hari," ungkapnya.

Menurut Dwi pihaknya juga telah menyiapkan mesin penanganan bagasi otomatis atau baggage handling system (BHS) di Terminal 1 hingga 3 Bandara Soekarno-Hatta. Menurutnya sistem BHS di Terminal 1 dan 2 memiliki penanganan yang berbeda dengan Terminal 3.

"Memang berbeda sistem. Untuk Terminal 1 dan 2 kita masih menggunakan semi BHS, dapat dipastikan keandalannya bergantung pada konveyornya dan X-ray yang telah dipastikan beroperasi dengan baik," jelasnya.

Rekomendasi