Dibanding Tahun Lalu, Wakapolri Sebut Jumlah Kendaraan di Merak H-4 Lebaran Alami Penurunan

| 20 Apr 2023 03:05
Dibanding Tahun Lalu, Wakapolri Sebut Jumlah Kendaraan di Merak H-4 Lebaran Alami Penurunan
Ilustrasi antrean di Pelabuhan Merak (Antara

ERA.id - Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono melakukan tinjauan ke Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. Hal tersebut memastikan pengamanan mudik Lebaran dari Jawa menuju Sumatera dan sebaliknya.

Dalam tinjauannya, Gatot menuturkan ada penurunan jumlah kendaraan di Pelabuhan Merak pada H-4 tahun ini dengan H-4 tahun lalu.

"Kalau kita melihat hari ini, H-4 hari ini dengan H-4 tahun yang lalu, itu ada penurunan 6 persen. Kenapa demikian, ini di mungkinkan masyarakat sudah mendahului berangkat mudik ke wilayah Sumatera," kata Gatot di Pelabuhan Merak, Rabu (19/4/2023).

"Sehingga jika rekan-rekan membandingkan antara H-4 tahun lalu dengan sekarang, masyarakat mungkin lebih aman, lebih nyaman menjalankan mudik," tambahnya.

Gatot menyebut, hal tersebut bisa terjadi karena ada evaluasi dari pihak-pihak terkait dari tahun sebelumnya. Ia juga berharap beberapa hari ke depan sampai hari-H Lebaran, kepadatan lalu lintas hingga gangguan keamanan bisa dikendalikan.

"Tentunya, harapannya, kalau tadi malam ada peningkatan, mungkin nanti malam dan besok malam ada peningkatan dan tidak terjadi juga kemacetan atau kepadatan lalu lintas," sebutnya.

Diketahui, Pelabuhan Merak tidak lagi melayani pemudik yang menggunakan sepeda motor dan truk roda 6 atau lebih. Pemudik sepeda motor dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan dan truk dialihkan ke Pelabuhan Bandar Bakau Jaya.

Rekomendasi