Polri Prediksi Malam Ini Hingga Besok Terjadi Peningkatan Arus Mudik di Pelabuhan Merak

| 19 Apr 2023 19:35
Polri Prediksi Malam Ini Hingga Besok Terjadi Peningkatan Arus Mudik di Pelabuhan Merak
Ilustrasi antrean di Pelabuhan Merak

ERA.id -  Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono mengingatkan potensi peningkatan arus kendaraan pada malam ini dan besok malam menuju Sumatera dari Jawa via Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. Namun, diakui ada penurunan arus kendaraan diduga akibat mudik lebih awal. 

"Kalau tadi malam sudah ada peningkatan, mungkin nanti malam dan besok malam juga ada. Kita berharap tidak terjadi juga kemacetan atau kepadatan lalu lintas," ujarnya di Pelabuhan Merak, Rabu (19/4/2023).

Selain itu, ia juga berharap tidak ada hal yang berpotensi menganggu jalannya mudik 2023. Pihaknya pun mengaku akan mengendalikan potensi gangguan keamanan dan lalu lintas.

"Harusnya seperti ini bisa dikendalikan dengan baik dan juga gangguan keamanan bisa dikendalikan," tuturnya.

Menurut data yang dihimpun Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto, Gatot menyebut arus mudik H-7 mengalami kenaikan 2 persen jika dibanding tahun lalu. Namun, ada penurunan 6 persen arus kendaraan pada H-4 yang diduga sudah ada masyarakat mudik lebih awal.

"Mungkin karena masyarakat sudah mendahului berangkat mudik ke wilayah Sumatera dibandingkan tahun lalu. Jadi, mungkin sekarang masyarakat lebih aman dan nyaman dalam melaksanakan kegiatan mudik," katanya.

Gatot mengatakan pihaknya telah melakukan pengamanan mudik lebaran 2023 mulai dari keberangkatan dari Jawa menuju Sumatera maupun sebaliknya.

Ia mengaku telah melihat arus lalu lintas dari udara. Menurutnya, hingga saat ini keadaan masih lancar dan tidak ada kemacetan yang terjadi di area jalan menuju Pelabuhan Merak.

"Itu mungkin karena pengoperasian dua pelabuhan, yaitu Merak dan Ciwandan. Pelabuhan ini kita gunakan seoptimal mungkin," jelasnya

Rekomendasi