Kebakaran di Trans Studio Mall Makassar, Pengunjung Sempat Menyelamatkan Diri ke Balkon

| 24 Apr 2023 20:41
Kebakaran di Trans Studio Mall Makassar, Pengunjung Sempat Menyelamatkan Diri ke Balkon
Kondisi pascakebakaran di TSM Makassar. (Sahrul Ramadan/ERA.id).

ERA.id - Kebakaran yang terjadi di Trans Studion Mall (TSM) Makassar, Jalan Metro Tanjung Bunga, Sulawesi Selatan, sempat membuat panik banyak pengunjung. Kebaran diketahui terjadi pada Senin (24/4/2023) pukul 18.15 WITA.

Pengunjung yang ada di lantai dua gedung bahkan sempat mengevakuasi diri ke balkon.

"Iye tadi ada di atap tapi untung cepat dievakuasi sama petugas (Damkar dan tim gabungan)," kata petugas sekuriti mal M Akbar saat berbincang dengan ERA di lokasi, Senin malam.

Mereka yang menyelamatkan diri di balkon gedung lantai dua sempat diminta oleh petugas keamanan untuk tenang sembari menunggu bantuan datang. "Alhamdulillah selamat yang di atas karena cepat datang petugas," ujar Akbar.

Akbar belum mengetahui pasti di mana sumber api berasal. Namun, ia sempat menolong beberapa pengunjung yang panik dan juga pekerja di dalam mal untuk evakuasi diri keluar gedung.

"Di lantai dua itu yang banyak pengunjung anak-anak juga," ucapnya.

Ratusan pengunjung bahkan ada yang nekat memecahkan kaca beberapa blok untuk menyelamatkan diri. Kepulasan asap tebal dari dalam gedung khususnya lantai satu sempat membuat banyak orang sesak napas. "Tapi berhasil semuaji keluar," ucapnya.

Mereka berhamburan keluar gedung lewat sejumlah pintu darurat. Hingga kini terpantau sejumlah petugas gabungan kepolisian, tim SAR hingga Damkar masih berupaya menyisir sejumlah ruangan di dalam gedung untuk memastikan ada tidaknya orang yang terjebak. 

Sejumlah mobil ambulans juga sudah bersiaga di depan gedung. Kepulasan asap di sisi utara gedung TSM juga sudah mulai berkurang meski tim gabungan masih menyisir ke dalam. Belum ada laporan dari otoritas terkait mengenai ada atau tidaknya korban jiwa dalam peristiwa ini.

Rekomendasi