Wacana Ganjar Dipasangkan dengan Sandiaga di Pilpres 2024, Ini Tanggapan FX Rudy

| 29 Apr 2023 21:18
Wacana Ganjar Dipasangkan dengan Sandiaga di Pilpres 2024, Ini Tanggapan FX Rudy
Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Gibran Rakabuming Raka dan Sandiaga Uno. (Amalia Putri/ERA)

ERA.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno disebut-sebut sebagai kandidat yang mendampingi Bakal Calon Presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo. Banyak pihak yang sudah memasangkan keduanya. 

Salah satunya yakni Putra sulung Presiden Joko Widodo yang sekaligus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka melalui cuitannya di Twitter. 

”Cocok gak nih??” tanya Gibran melalui akun sosial media (sosmed) miliknya @gibran_tweet satu hari yang lalu. Dalam unggahan ini, Gibran menyertakan foto Sandi bersama Ganjar. 

Ganjar yang merupakan Gubernur Jawa Tengah ini sudah mendapat rekomendasi dari PDIP. Di sisi lain, Sandi saat ini tengah dekat dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

Terkait hal ini, Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo enggan menanggapi. ”Itu kewajibannya sana (PDIP pusat). Saya itu RT wae ora, mosok ngurusi koyo ngono (RT aja enggak, masak ngurusi kayak gitu),” kata Rudy usai menjamu Sandi di kediamannya, Sabtu (29/4/2023). 

Ia menegaskan bahwa selama ini hanya mematuhi instruksi dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Sehingga apapun yang diperintahkan, ia wajib untuk memenangkannya.

”Apa yang diperintah ketua umum bagi saya petugas partai di struktur partai, bagi saya wajib melaksanakan dan wajib memenangkan. Titik. Untuk urusan itu (pasangan Ganjar) di sana (PDIP pusat) semua,” katanya. 

Rudy juga enggan menilai sosok Sandi. Meskipun selama ini, sudah bukan rahasia umum jika Ganjar memiliki kedekatan dengan Rudy. ”yang menilai (Sandi) ya jangan saya, yang punya partailah (Megawati),” katanya.

Dalam lesempatan itu, Sandi baru saja dijamu makan siang oleh Rudy. Dalam jamuan makan ini, Sandi memuji masakan istri Rudy, Elizabeth Endang Prasetyoningsih. Ia juga memuji Rudy sebagai sosok yang legedaris. 

”Pak Rudy legendaris. Tadi cerita olahraganya apa sampai masih seger seperti ini, ternyata beliau rutin bersepeda. Nanti janjian bersepeda dengan saya,” katanya. 

Sementara saat Sandi dimintai tanggapan terkait Rudy yang selama ini dekat dengan Ganjar, Sandi tidak ingin pertemuannya tersebut dikaitkan. Ia ingin juga semua proses politik berjalan secara alamiah. 

”Semuanya alamiah saja. Jadi agendanya ini adalah agenda kuliner, tidak ada agenda politik,” katanya. 

Rekomendasi