Viral Isu Pekerja di Cikarang Diajak 'Bobo' Atasan Demi Kontrak, Pemkab Bekasi Merespons

| 04 May 2023 13:07
Viral Isu Pekerja di Cikarang Diajak 'Bobo' Atasan Demi Kontrak, Pemkab Bekasi Merespons
ILUSTRASI buruh pabrik. (Antara).

ERA.id - Viral isu seorang atasan perusahaan di wilayah Cikarang, Kabupaten Bekasi, mewajibkan pekerja perempuan bermalam dengannya di hotel, agar kontrak pekerja diperpanjang.

Isu itu mencuat setelah akun Twitter @Miduk17 atau Jhon Sitorus, menyebar info tersebut. Jhon menilai masalah tersebut sudah menjadi rahasia umum di kalangan pekerja Cikarang.

Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, lalu menelusuri kasus tersebut. "Saya akan menugaskan Disnaker untuk mendalami informasi ini," kata Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan, Rabu kemarin.

Jika isu itu benar, perbuatan pimpinan perusahaan itu telah melanggar aturan baik dari aspek norma sosial, moral, serta hukum.

Dani mengaku selama ini pemantauan terhadap perusahaan-perusahaan di wilayah Kabupaten Bekasi menjadi kewenangan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Barat.

Meski begitu, Pemerintah Kabupaten Bekasi akan berkoordinasi bersama Disnakertrans Provinsi Jawa Barat guna menelusuri masalah ini.

"Pengawasan ketenagakerjaan memang saat ini sudah menjadi kewenangan pemerintah provinsi. Oleh karena itu, kami akan berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Disnakertrans Provinsi Jabar, khususnya UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan yang membawahi wilayah kerja Kabupaten Bekasi," katanya.

Rekomendasi