Begini Kronologi Kebakaran Kapal Feri KMP Royce 1 di Perairan Merak

| 07 May 2023 23:05
Begini Kronologi Kebakaran Kapal Feri KMP Royce 1 di Perairan Merak
Tangkapan layar Kapal Feri KMP Royce 1 terbakar di Perairan Merak, Banten. (Instagram/@beritapelabuhanmerak-bakauheni)

ERA.id - Kapal feri KMP Royce 1 terbakar di Perairan Merak, Banten pada Sabtu (6/5/2023) sekira pukul 14.50 WIB. Sedangkan proses evakuasi pun selesai pada pukul 19.21 WIB dan sang jago merah pun baru berhasil dijinakkan pada malam hari.

Petugas Vessel Traffic Service (VTS) Merak menyebutkan, saat itu tidak ada informasi lengkap jenis dan nama kapal yang terbakar. Petugas VTS kemudian memastikan informasi tersebut ke sumber radio.

"VTSO kembali mengecek dari monitor cctv untuk keberadaan kapal terbakar Posisi kapal 05.56.252'S /105.57.401'E. Pukul 14.55 VTSO Memastikan ke KMP Royce 1 dan ternyata berita tersebut benar KMP ROYCE 1 mengalami kebakaran di sebelah lambung kiri," kata petugas VTS Merak, Sudirman, melalui keterangannya diterima, Minggu (7/5/2023).

Sudirman mengatakan, mendapatkan informasi tersebut petugas menyiarkan berita melalui radio komunikasi ke seluruh kapal yang berlayar di perairan Merak untuk membantu kapal tersebut.

"VTSO melakukan broadcast terkait kebakaran KMP ROYCE 1 kepada kapal kapal di sekitar Pelabuhan Merak agar mengirimkan bantuan kepada kapal tersebut," ujarnya.

Sudirman menjelaskan, petugas juga menghubungi kapal-kapal tandu yang biasa beroperasi di perairan Merak untuk membantu memadamkan api. Beberapa kapal tandu yang berada di Pelabuhan Ciwandan, Cigading, dan sekitarnya merapat ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi penumpang.

Tidak hanya itu, lanjutnya berita kapal terbakar diteruskan ke beberapa instansi terkait seperti Lanal Banten, Polairud Banten, Dinas Kesehatan, Basarnas, serta PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM).

"VTSO berkomunikasi dengan pihak KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) meneruskan info dari kapal patroli untuk meminta bantuan ambulans serta kesehatan di Dermaga 1 bagi para korban," katanya.

Kapal-kapal tandu yang tadi disiarkan informasi merapat untuk mengevakuasi para penumpang. Petugas menerima informasi bahwa ada ibu hamil di antara penumpang tersebut.

Evakuasi penumpang berlangsung sekitar 4 jam lebih. Petugas memprioritaskan para ibu dan anak untuk dievakuasi terlebih dahulu. Kapal-kapal tunda yang merapat ke lokasi terus melakukan pemadaman.

"Pukul 19.21, VTSO menerima informasi dari KRI. Lauser 924 masih melakukan evakuasi Crew dan sekarang KRI Lauser sedang mengantarkan 7 ABK crew kapal KMP. Royce I menuju Indah Kiat," katanya.

Sudirman menambahkan, kemudian sekitar pukul 20.00 WIB, api di dalam kapal berhasil dipadamkan. Namun, proses pendinginan terus dilakukan untuk memastikan tak ada lagi percikan api.

"Untuk jumlah korban jiwa serta kerusakan masih menunggu informasi selanjutnya dari kapal KMP Royce 1," jelasnya.

Tags : merak banten
Rekomendasi