Gubernur Sulsel Sudirman Beri Rp2 Miliar ke Pemkab Luwu untuk Menangani Banjir

| 24 May 2023 17:09
Gubernur Sulsel Sudirman Beri Rp2 Miliar ke Pemkab Luwu untuk Menangani Banjir
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (Dok. Pemprov Sulsel)

ERA.id - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyerahkan bantuan keuangan tanggap darurat, khususnya bencana banjir, kepada Pemerintah Kabupaten Luwu sebesar Rp2 miliar.

"Alhamdulillah Rp2 miliar bantuan keuangan tanggap darurat Pemprov Sulsel TA 2023 kita serahkan kepada Pemkab Luwu," kata Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Rabu (24/5/2023).

Bantuan keuangan tanggap darurat ini untuk penanganan dampak banjir di Kabupaten Luwu yang mengakibatkan kerusakan infrastruktur dan pemukiman warga.

"Kita harap bantuan keuangan ini dapat direalisasikan, khususnya untuk normalisasi beberapa sungai, dengan tujuan mengurangi terjadinya banjir bandang di Luwu," kata dia.

Beberapa waktu lalu, Gubernur Andi Sudirman juga menyambangi langsung rumah korban air bah di Desa Posi, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu pada Rabu (10/5). Ia berkunjung dan melayat ke rumah korban meninggal atas banjir bandang di Luwu.

Didampingi Bupati dan Kapolres Luwu, Gubernur Sudirman menyampaikan duka cita atas meninggal Yohana Paliling (61) karena hanyut terseret air bah yang terjadi pada Senin (8/5). Ia juga menyerahkan santunan bagi korban.

Banjir merendam sedikitnya empat desa dan kelurahan, yaitu Desa Tanarigella, Barowa, Pabbaresseng, Padang Kalua, dan Kelurahan Sakti.

Banjir disebabkan Sungai Bua meluap akibat curah hujan yang tinggi. Kendaraan tidak bisa melintas dan sejumlah warga harus bertahan di rumah masing-masing.

Rekomendasi