Mahasiswi Makassar yang Biarkan Bayinya Busuk Dipenuhi Belatung Kini Ditangkap

| 06 Jun 2023 09:29
Mahasiswi Makassar yang Biarkan Bayinya Busuk Dipenuhi Belatung Kini Ditangkap
Ilustrasi bayi

ERA.id - Polisi menangkap IN (20), mahasiswi salah satu universitas di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, yang membunuh bayi.

"Pelaku ditangkap di wilayah Bontomarannu, Gowa setelah tim melakukan penyelidikan dan meminta keterangan warga," kata Kasatreskrim Polres Gowa AKP Bachtiar, Senin kemarin.

Dari pengakuan IN, dia membunuh bayinya di sebuah rumah kosong perumahan Dusun Baddo, Desa Je'ne Mandinging, Kecamatan Pattalasang, Kabupaten Gowa, 24 Maret 2023.

Pelaku saat itu melahirkan di rumah kosong setempat tanpa bantuan siapapun. Usai melahirkan, karena takut suara bayi terdengar warga, pelaku diduga membekapnya agar tidak bersuara, namun naas korban tidak bisa bernafas lalu tewas.

Karena panik, ia tidak bisa berbuat banyak dan meletakkan bayi malang itu di rumah kosong tersebut, kemudian meninggalkannya begitu saja. Selang beberapa jam kemudian pelaku bahkan kembali melihat anaknya, lalu pergi.

Bayi malang tersebut diduga hasil hubungan badan dan tidak resmi bersama kekasihnya. Karena malu hamil hingga sembilan bulan, kekasih pelaku sepertinya tidak ingin bertanggung jawab, maka tersangka akhirnya melahirkan di rumah kosong.

Jenazah bayi ini kemudian membusuk di rumah itu hingga bau busuk menyengat tercium warga setempat. Saat ditelusuri, warga menemukan sosok bayi yang sudah dipenuhi lalat dan belatung. Kejadian ini sempat membuat heboh dan warga kemudian melaporkan penemuan itu ke Polsek Bontomarannu.

Tim inafis bersama Dokter Polisi Rumah Sakit Bayangkara Makassar tiba di lokasi kejadian langsung melaksanakan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), dari kesimpulan bayi tersebut sudah meninggal beberapa hari.

"Akibat dari perbuatannya, yang bersangkutan dijerat pasal pembunuhan dan Undang-undang Perlindungan anak dengan ancaman kurungan penjara di atas 20 tahun," kata AKP Bachtiar menegaskan.

Rekomendasi