Listrik dari Akuarium Picu Kebakaran Rumah Warga di Kedung Halang Bogor

| 06 Jun 2023 14:53
Listrik dari Akuarium Picu Kebakaran Rumah Warga di Kedung Halang Bogor
ILUSTRASI. Kebakaran gudang tripleks yang berada di Jalan Soekarno Hatta No 501, Kota Bandung. (Reza Denny/ERA.id)

ERA.id - Kebakaran hebat melanda satu rumah warga yang berada di RT 6 RW 8 Kelurahan Kedung Halang, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, pada Selasa (6/6/2023) pagi. Api dengan cepat melalap bangunan kontrakan yang berada di lantai dua.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Bogor, Samson Purba menduga titik api pertama muncul dari kelistrikan yang ada di akuarium.

"Kondisi rumah sedang kosong, kami menduga api dari aquarium lalu merembet ke bangunan rumah. Besarnya api membuat seluruh bangunan kontrakan yang berada di lantai 2 ludes," ujar Samson di lokasi kebakaran kepada wartawan, Selasa (6/6/2023).

Samson menjelaskan, pada saat proses pemadaman api, petugas sempat mengalami kesulitan untuk menuju lokasi kebakaran karena lokasinya jauh dan sempit, sehingga memaksa petugas bekerja lebih ekstra.

Menurut Samson, lokasinya sulit untuk dijangkau dengan mobil pemadam, petugas akhirnya menggunakan sistem sambung selang.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di pemukiman padat penduduk untuk senantiasa memperhatikan sambungan listrik rumah agar tifak terjadi korsleting listrik.

"Kami juga imbau masyarakat yang ingin meninggalkan rumah, tolong periksa ulang kompor, gas, dan kontak listrik. Pastikan semua aman dan dalam kondisi mati saat ditinggalkan," tegasnya.

Sementara kata Samson, api dapat dipadamkan sekira 20 menit setelah kejadian. Sebanyak 7 unit kendaraan damkar diterjunkan untuk menangani kebakaran tersebut.

Rekomendasi