Pemprov Sulsel Perbaiki Jalan Penghubung Luwu-Toraja Utara Sepanjang 2 KM

| 13 Jun 2023 08:26
Pemprov Sulsel Perbaiki Jalan Penghubung Luwu-Toraja Utara Sepanjang 2 KM
Perbaikan jalan rusak (Antara)

ERA.id - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kembali memperbaiki jalanan ruas Rantepao-Sa'dan-Batusitanduk, Toraja Utara, sepanjang 2 km yang dikerjakan secara bertahap.

"Alhamdulillah, rekonstruksi jalan yang menghubungkan Luwu-Toraja Utara sedang progres oleh Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sulsel," kata Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, di Makassar, Senin kemarin.

Ia menyebutkan, penanganan jalan ini menjadi salah satu prioritas untuk ditangani secara bertahap. Diketahui, di 2022 pengerjaan ruas 5,4 km rampung 100 persen untuk dua paket pengerjaan pembangunan dengan total nilai kontraknya Rp29,5 miliar

"Mengingat ruas ini akan membuka akses di wilayah terisolir. Sekaligus menjadi jalur alternatif dari Luwu ke Toraja selain jalur yang ada," ucapnya.

Ia pun meminta dukungan masyarakat agar dapat berjalan lancar tahap pengerjaannya. "Mari kita dukung dan doakan kelancaran pembangunan ini. Kurre Sumanga," kata Andi Sudirman.

Sebelumnya, Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sulsel juga sedang melakukan penanganan rekonstruksi jalan ruas Boro-Jeneponto di Kabupaten Jeneponto.

Penanganan ruas ini, menjadi salah satu prioritas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman untuk ditangani secara bertahap.

Mengingat jalur ini merupakan akses alternatif yang menghubungkan Wilayah Kabupaten Gowa, Kabupaten Bantaeng, dengan Kabupaten Jeneponto tanpa melalui jalan Nasional.

“Pengerjaan tahun ini, lanjutan dari penanganan tahun 2022 lalu. Sekaligus target untuk menuntaskan segmen yang rusak berat di ruas Boro-Jeneponto,” ujar Andi Sudirman.

Saat ini, telah dilakukan pengaspalan jalan. Selanjutnya akan dilakukan penanganan bahu beton dan penuntasan pengerjaan drainase.

Rekomendasi