Momen Warga Ponpes Al Zaytun Indramayu Nyanyi 'Havenu Shalom Aleichem', Picu Kontroversi

| 19 Jun 2023 14:38
Momen Warga Ponpes Al Zaytun Indramayu Nyanyi 'Havenu Shalom Aleichem', Picu Kontroversi
Ilustrasi mig. (Pixabay)

ERA.id - Viral video kontroversi yang memperlihatkan jemaah Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat, menyanyikan lagu Havenu Shalom Aleichem diiringi grup keroncong.

Dalam momen itu, ribuan orang dari pihak  pesantren memang bersiaga menyambut kedatangan pengunjuk rasa dari Forum Indramayu Menggugat di depan Ponpes Al Zaytun, Kamis silam.

Selain bernyanyi, mereka juga melantunkan asmaul husna dari dalam pagar pembatas Ponpes Al Zaytun.

Tampak dalam video itu, grup keroncong memainkan alat musik dan beberapa orang kompak bernyanyi, bertepuk tangan, sambil melompat-lompat.

Adapun lagu yang dinyanyikan itu merupakan lagu rohani Kristen yang sudah sangat populer. Dalam bahasa Ibrani, Havenu Shalom Aleichem memiliki arti ‘Semoga Damai menyertaimu’. Namun, ada juga yang menyebutkan hal itu sebagai ucapan salam orang Yahudi.

Sebelumnya, lagu ini pertama kali dikenalkan Panji Gumilang kepada para santri-santrinya pada tahun 2022 lalu. Saat momen itu, hadir mantan Wakil Bupati Indramayu, Lucky Hakim.

"Itu tahun lalu waktu saya masih jadi kepala daerah di Indramayu dan diundang sebagai kepala daerah, di dalam pesantren ada tanah garapan pertanian modern dan peternakan modern, selebihnya saya tidak terlalu mendalami kurikulum dan apapun tentang teknis pengajaran. Jadi mungkin bisa ditanyakan langsung ke pihak Al-Zaytun bila mana ada yang mau tau tentang metode dan ajarannya," kata Lucky.

Rekomendasi