Gibran Nyatakan Siap Jika Stadion Manahan Jadi Venue Piala Dunia U-17

| 27 Jun 2023 07:15
Gibran Nyatakan Siap Jika Stadion Manahan Jadi Venue Piala Dunia U-17
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Antara)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyatakan siap jika Stadion Manahan dijadikan venue untuk Piala Dunia U17 pada bulan November mendatang. Ia mengaku telah berkoordinasi dengan Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir. 

”Kami sudah koordinasi dengan Ketum PSSI. Intinya nanti siapa-siapa saja, kota mana saja, kami ikut. Tapi dari segi fasilitas kami siap. Kami juga menyiapkan diri untuk Piala AFF U23,” kata Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Senin (26/6/2023). 

Terkait rencana ini, Pemkot Solo akan mengajukan Stadion Manahan Solo untuk menjadi venue. Ia juga meminta semua pihak tak khawatir jika Piala Dunia U17 dan Piala AFF U23 ini akan berbenturan dengan event lain. Gibran memastikan jika saat ini di bulan tersebut Stadion Manahan hanya digunakan untuk kedua event itu saja. 

”Enggak, enggak ada (event lain). Pokoknya U17 dan U23 AFF yang sudah confirm,” katanya. 

Saat ini pihaknya juga telah menyiapkan anggaran untuk memenuhi akomodasinya. Mengingat anggaran yang digunakan sebagai persiapan U20 yang batal beberapa waktu lalu, masih ada. 

”Sudah, sudah siap. Tinggal nambahin sedikit-sedikit kekurangannya apa. Kita juga menyiapkan akomodasi untuk U23 di Piala AFF juga. Ini sedang saya siapkan, tenang saja,” katanya. 

Sebagai informasi, Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam kunjungannya di Stadion Manahan, Solo beberapa waktu lalu menyatakan bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U17. Dewan FIFA sudah menunjuk Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 melalui pernyataan resmi FIFA yang dirilis pada Jumat (23/6/2023) malam.

Indonesia ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 melalui keputusan bersama pada sidang FIFA Council yang digelar di Markas FIFA, Zurich, Swiss. Sejauh ini, FIFA mengagendakan FIFA U-17 World Cup 2023 digelar 10 November hingga 2 Desember tahun ini.

Rekomendasi