Gibran Janjikan Revitalisasi Keraton Surakarta Berlangsung Dalam Waktu Dekat

| 05 Jul 2023 22:33
Gibran Janjikan Revitalisasi Keraton Surakarta Berlangsung Dalam Waktu Dekat
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Amalia/ERA.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkap bahwa Revitalisasi Keraton Kasunaan Surakarta Hadiningrat sudah mulai lelang pada pekan depan. Untuk revitalisasinya akan dilakukan mulai September tahun ini.

Hal ini disampaikan Gibran usai bertemu dengan Perwakilan Keraton Kasunanan Surakarta, Balap Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah Direktorat Cipta Karya serta Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa. 

Dalam pertemuan ini pihak keraton diwakili oleh Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Ratu Pakoe Boewono dan Putra Mahkota Keraton Solo KGPAA Hamengkunegoro Sudibya Rajaputra Narendra Mataram. 

Gibran mengatakan bahwa tahap awal yang disasar revitalisasi yakni pada bagian Alun-Alun Utara dan Alun-Alun Selatan. Untuk penataan ini akan menggunakan sumber dana dari APBN dan diperkirakan berlangsung selama dua tahun. 

"Kemungkinan September sampai Juni 2023," katanya. 

Rencananya penataan ini juga menyasar Pasar Cinderamata dan beberapa kawasan perdagangan di Alun-Alun Utara. Rencananya akan ada tempat yang disediakan khusus untuk mereka berdagang sementara selama revitalisasi berlangsung. 

Sayangnya, Gibran enggan mengungkap berapa total kebutuhan anggaran untuk revitalisasi tahap awal ini. Ia meminta agar masyarakat menunggu pemenang lelang agar tahu kebutuhan anggarannya. 

Sementara itu Putra Mahkota Keraton Kasunanan Surakarta mengatakan revitalisasi tahap awal menyasar dua alun-alun. Keduanya diutamakan karena merupakan ikon dari Kota Solo. Selain merevitalisasi alun-alun, penataan juga dilakukan pada sentra pedagang kaki lima (PKL) yang ada di sekitarnya. 

"Pedagang semua nggak ada yang pindah, justru mereka kami berikan fasilitas supaya lebih baik. Selain itu kami memikirkan agar mempercantik dan membuat permanen tenda pedagang. Supaya tidak kesusahan menata jualannya," katanya. 

Untuk sementara pedagang akan dipindah ke tempat lain. Mereka akan dikembalikan ke tempat semula setelah revitalisasi selesai. "Desainnya konsep pedestrian jadi kayak masyarakat bisa jalan-jalan di Alun-alun, sehingga mereka bisa jalan-jalan seperti di taman gitu. Alun-alunnya juga dipercantik," ujarnya.

Rekomendasi