Marak Wabah Antraks, Gibran Waspadai Pasokan Daging dari Luar Solo

| 06 Jul 2023 20:36
Marak Wabah Antraks, Gibran Waspadai Pasokan Daging dari Luar Solo
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Amalia/ERA.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mewaspadai maraknya wabah antraks yang saat ini menjangkit di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Pasalnya selama ini Solo merupakan daerah yang tidak memiliki banyak peternakan.

”Di sini nggak ada peternakan. Dagingnya dari luar semua,” kata Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Kamis (7/6/2023).

Sejauh ini pasokan daging sapi dari kota Solo berasal dari luar daerah. Sehingga Pemkot Solo meningkatkan kewaspadaan karena hampir semua pasokan daging berasal dari luar kota Solo.

Terkait hal ini Gibran meminta agar warga berhati-hati dalam mengonsumsi daging. Termasuk mempelajari cara pengolahan yang baik. ”Hati-hati ya (konsumsi daging sapi),” katanya.

Sebagai informasi ditemukan kasus orang meninggal karena dinyatakan positif antraks di Gunung Kidul, Yogyakarta. Selain itu ada 87 orang yang dinyatakan terinfeksi virus ini. Saat ini Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul maupun Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa  Yogyakarta (DIY) belum menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) terkait virus ini.

Rekomendasi