Sempat Berhenti Karena Pandemi Covid-19, Ganjar Kembali Menginap di Rumah Warga: Tampung Keluhan Warga Desa

| 12 Jul 2023 14:00
Sempat Berhenti Karena Pandemi Covid-19, Ganjar Kembali Menginap di Rumah Warga: Tampung Keluhan Warga Desa
Ganjar saat menginap di rumah warga (Dok Istimewa)

ERA.id - Rutinitas menginap di rumah warga, kembali dilanjutkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Hal itu dilakukan Ganjar, saat seharian melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sukoharjo pada Selasa (11/7).

Kali ini, Ganjar menginap di salah satu rumah warga di Desa Kemasan, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo. Rumah tersebut tampak sederhana dan terletak di kawasan perkampungan dengan suasana sejuk dan asri.

"Ini setelah pandemi sekarang bisa bertemu masyarakat lagi, kita bisa menginap, bisa ngobrol dengan masyarakat dan tentu banyak yang diobrolkan," ujar Ganjar usai olahraga bersama warga Polokarto, Rabu (12/7/2023) pagi.

Kegiatan menginap di rumah warga itu kerap dilakukan Ganjar untuk menyerap aspirasi dan mendengar keluhan warga secara langsung. Namun hal itu sempat terhenti lantaran pandemi Covid-19 yang menghambat banyak aktivitas.

Rumah warga Desa Kemasan pun menjadi pilihan pertama Ganjar untuk meneruskan kegiatan menginap pasca pandemi. Ganjar tiba di rumah tersebut sekitar pukul 19.30 WIB.

Warga pun antusias menyambut kedatangan orang nomor satu di Jawa Tengah yang selama dua periode kepemimpinannya dikenal sederhana dan merakyat itu. Mulai dari orang tua, anak muda, hingga anak-anak tampak menyambut Ganjar.

Ganjar selalu menemui masyarakat secara langsung dengan terjun ke lapangan untuk mendengar keluhan dan aspirasi. Hal itu dilakukannya agar pemerintah mengetahui secara konkret permasalahan yang ada. Dengan begitu, penyelesaiannya bisa tepat dan cepat.

Selama menginap, Ganjar duduk dan ngopi bareng warga dari beberapa desa di wilayah Polokarto yang ingin menyampaikan aspirasi. Ganjar pun mendapati sejumlah persoalan warga, seperti sekolah, jalan rusak, hingga akses kesehatan dan pendidikan.

Bahkan, Ganjar juga dicurhati warga ihwal gerakan swadaya yang selama ini dilakukan warga kampung untuk menggelar suatu kegiatan, ataupun memperbaiki fasilitas umum.

"Ternyata aspirasinya juga sama, orang menyampaikan kebutuhan-kebutuhan ya sekolah, ya struktur jalan desa, terus akses-akses kesehatan, pendidikan," jelas Ganjar.

Pria berambut putih itu pun menanggapi satu per satu penyampaian warga. Sambil menyeruput kopi, teh dan sajian khas desa, suasana kedekatan antara pemimpin dengan rakyatnya pada malam itu begitu menyejukkan.

"Jadi sebenarnya kalau kita ngobrol di warga, kita akan menemui banyak sekali masalah-masalah yang muncul dan dia sampaikan secara terbuka," ucap Ganjar.

Kebahagiaan Pemilik Rumah yang Jadi Tempat Menginap Ganjar

Adalah Ibu Guning, warga Desa Kemasan sekaligus pemilik rumah yang ditiduri oleh Ganjar. Dia mengungkapkan, sama sekali tidak pernah menduga bahwa ada seorang pemimpin yang bermalam di rumahnya.

"Kalau persiapan khusus tidak ada. Hanya pertama saya tahu mau kedatangan Pak Ganjar, kaget ya dan saya senang sekali karena Pak Ganjar kan nomor satu di Jawa Tengah," tutur Guning.

Dia mengaku, Ganjar tidak meminta permintaan khusus saat akan menginap di rumahnya. Namun sebagai warga yang tinggal di desa, tentu kabar itu membuat heboh satu kampung.

Perempuan yang juga memiliki warung kelontong di sebelah rumahnya itu menceritakan, warga kampung langsung gotong royong melakukan persiapan menyambut kedatangan Ganjar begitu kabar menginap menyebar luas.

"Warga sini kan pasti mempersiapkannya menyambut Pak Ganjar memang antusias warga masya Allah, jadi senang sekali. Jadi semua mengkondisikan. Rumahnya masih suasana ndeso, sepi, alhamdulillah Pak Ganjar kami mewakili keluarga sangat bahagia sekali karena Pak Ganjar berkenan menginap di gubuk kami," ungkap Guning.

"Perasaan saya senang sekali. Saya bersyukur sekali kepada Allah karena Allah memberi kepercayaan kepada saya bahwa Pak Gubernur Ganjar Pranowo yang sekaligus nanti akan menjadi calon presiden, kami segenap warga di sini, kami hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk bapak," lanjutnya.

Rekomendasi