Meski Cuma Satu Siswa, SDN Tumenggungan Solo Tetap Menggelar Belajar Mengajar di Kelas

| 18 Jul 2023 08:03
Meski Cuma Satu Siswa, SDN Tumenggungan Solo Tetap Menggelar Belajar Mengajar di Kelas
Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tumenggungan Solo (Amalia Putri/Era)

ERA.id - Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tumenggungan Solo hanya ada satu siswa yang terdaftar dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2023/2024 ini. Meski hanya satu, namun pihak sekolah tetap melayani kegiatan belajar mengajar di kelas.

Hal ini disampaikan oleh Kepala SDN Tumenggungan Lelly Maria pada wartawan, Senin (17/7/2023). Ia menjelaskan jika awalnya sudah ada dua orang murid yang mendaftar di sekolahnya. Satu orang murid berasal dari PPDB jalur afirmasi dan satu lagi melalui jalur offline. Namun karena satu orang murid mundur, maka hanya tinggal satu murid yang terdaftar.

”Hanya tinggal satu, murid yang melalui jalur offline yang mundur,” katanya saat ditemui di sekolah.

Minimnya jumlah murid ini karena lokasinya yang jauh dari pemukiman warga. Di lokasi ini lebih banyak perkantoran dan rumah sakit. Bahkan minimnya murid sudah terlihat sejak tahun lalu. Tahun lalu hanya ada lima orang murid dalam satu angkatan.

”Di sini kondisi lingkungan perkampungan hanya sedikit, jumlah murid yang masuk kelas 1 di perkampungan juga hanya sedikit,” katanya.

Meski minim murid, mereka akan mendapatkan pelayanan belajar mengajar yang sama dengan kelas lainnya. Bahkan guru akan memberikan pendekatan yang baik agar mereka bisa nyaman belajar di kelas.

”Nanti guru yang akan memberikan pendekatan agar mereka tidak merasa sendirian di kelas. Pandai-pandainya guru melakukan kegiatan belajar mengajar,” katanya.

Rekomendasi