Walkot Depok: Pembangunan Masjid Raya Depok Dihentikan, Siswa SDN Pondok Cina 1 Dapat Belajar Seperti Biasa

| 15 Dec 2022 11:12
Walkot Depok: Pembangunan Masjid Raya Depok Dihentikan, Siswa SDN Pondok Cina 1 Dapat Belajar Seperti Biasa
Wali Kota Depok, Mohammad Idris (Antara)

ERA.id - Wali Kota Depok Mohammad Idris menyatakan pembangunan Masjid Raya Depok yang berpolemik karena menggusur SDN Pondok Cina 1 di Kota Depok, dihentikan.

"Pembangunan masjid di SDN Pondok Cina 1, untuk sementara ditunda sampai dengan seluruh siswa SDN Pondok Cina 1 dapat direlokasi ke satu sekolah, yaitu di SDN Pondok Cina 5," kata Idris dilihat di Instagram-nya @idrisashomad, Kamis (15/12/2022).

Idris menambahkan seluruh siswa SDN Pondok Cina 1 masih dapat belajar di sekolahnya dengan aman dan nyaman. Untuk sebagian siswa SDN Pondok Cina 1 yang telah direlokasi ke SDN Pondok Cina 3 dan 5 untuk menjalani proses belajar mengajar, sambungnya, dapat kembali ke SDN Pondok Cina 1 bila menginginkannya.

"Bagi siswa SDN Pondok Cina 1 yang masih belajar di lokasi SDN Pondok Cina 1, tetap akan difasilitasi belajar mengajar di lokasi SDN Pondok Cina 1, sampai dengan terbangunnya ruang kelas baru di SDN Pondok Cina 5 yang dijadikan tempat relokasi," ucap Idris.

Sebelumnya, Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Chatarina Muliana Girsang, menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Jawa Barat yang menunda pemberian bantuan pembangunan rumah ibadah di lokasi SD Negeri Pondok Cina 1 Depok.

"Atas nama kementerian, kami sampaikan terima kasih kepada Bapak Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang telah menunda pemberian bantuan pembangunan rumah ibadah di lokasi SD Negeri Pondok Cina 1," ujar Chatarina Girsang di Jakarta, Rabu (14/12).

Kemendikbudristek telah mengambil langkah-langkah sejak September 2022

 “Langkah-langkah yang telah kami ambil antara lain, meminta penjelasan atas permasalahan rencana alih fungsi lahan SD Negeri Pondok Cina 1 kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, melakukan mediasi antara dinas pendidikan dan pihak sekolah, serta memberikan rekomendasi," katanya.

Rekomendasi