Kunjungi Desa Antikorupsi di Panggungharjo Yogyakarta, BPKP: Semoga Bisa Jadi Contoh Seluruh Desa di Indonesia

| 18 Jul 2023 14:33
Kunjungi Desa Antikorupsi di Panggungharjo Yogyakarta, BPKP: Semoga Bisa Jadi Contoh Seluruh Desa di Indonesia
Kunjungan BPKP ke Desa Panggungharjo, Yogyakarta. (Ilham/ERA.id)

ERA.id - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melakukan kunjungan ke desa antikorupsi di Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (17/72023).

Kedatangan BPKP tersebut guna melihat kemajuan desa yang mempunyai sejumlah penghargaan serta berkembang dalam penggunaan dasa desa.

Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan, Pembangunan, dan Tatakelola Pemerintahan Desa BPKP, Wasis Prabowo menyebut Desa Panggungharjo bisa menjadi contoh untuk desa di seluruh Indonesia agar mengelola dasa desa secara bijak serta bermanfaat untuk warga.

"Desa Panggungharjo memiliki dana yang dikelola sebanyak 12,5 miliar dan 50% nya merupakan dari hasil pendapatan desa, sehingga tidak mengandalkan dana transfer dari kabupaten maupun APBN," kata Wasis kepada wartawan.

Ia menambahkan bahwa Desa Panggungharjo banyak menerima penghargaan bukan karena kekayaan sumber daya alam (SDA), melainkan potensi sumber daya manusia (SDM) di desa tersebut.

"Kami ingin melihat praktek implementasi dari undang-undang Desa Panggungharjo yang dipimpin oleh Bapak Wahidi Anggoro untuk bisa kita ketuk tularkan ke desa-desa lain di Indonesia, di antaranya adalah merupakan desa pertama yang dianggap desa antikorupsi," kata dia.

Rekomendasi