Sungai Cileungsi Kembali Tercemar Sebabkan Ikan-Ikan Mati dan Bau Menyengat

| 11 Sep 2023 18:32
Sungai Cileungsi Kembali Tercemar Sebabkan Ikan-Ikan Mati dan Bau Menyengat
Ikan-ikan mati diduga akibat tercemarnya Sungai Cileungsi (Diman Sutini/Era)

ERA.id - Ikan-ikan yang berada di Sungai Cileungsi Kabupaten Bogor mati karena adanya pencemaran yang diduga dilakukan oleh pabirk di wilayah tersebut. 

Terpantau, ada ribuan ikan mati karena pencemaran lingkungan tersebut. 

Keluh Puarman, Ketua KP2C (Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas) mengatakan peristiwa ikan mati sendiri karena pencemaran lingkungan  terjadi pada Minggu pagi-malam. 

Puarman yang meninjau langsung kondisi sungai Cileungsi mengaku, sangat banyak masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai Cileungsi mengadukan kondisi sungai yang hitam, bau menyengat serta ikan yang pada mati.

"Mereka meminta pemerintah serius menangani pencemaran sungai Cileungsi yang sudah berlangsung bertahun-tahun  seperti tidak ada perbaikan," ujar Puarman, Senin (11/09/2023). 

Puarman mengungkapkan pencemaran sungai Cileungsi  sudah berlangsung lama, bahkan lebih dari tujuh tahun.

Pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh pemerintah selama ini, ternyata tidak efektif karena pencemaran yang diduga dari limbah industri selalu terjadi dan berulang.

Pemerintah harus menggunakan kewenangannya untuk melakukan penindakan yang lebih tegas.

"Tutup pabriknya dan pidanakan pelakunya, agar ada efek jera," tegas Puarman.

Masyarakat sudah terlalu lama menderita dan dirugikan. "Jika tidak mampu dan mau menggunakan kewenangan yang dimiliki, kibarkan bendera putih," tutup Puarman. 

Rekomendasi