Tanda Ikan Tidak Layak Konsumsi, Perhatikan Ciri-ciri Berikut

| 09 Dec 2023 18:00
Tanda Ikan Tidak Layak Konsumsi, Perhatikan Ciri-ciri Berikut
Ilustrasi ikan segar. (ANTARA/Cherman)

ERA.id - Salah satu jenis lauk pauk yang tinggi dengan kandungan protein dan berbagai vitamin lainnya adalah ikan. Saat Anda membeli ikan, tentunya penting sekali bagi Anda untuk memahami ciri-ciri ikan segar dan ikan busuk. Sebab, tidak sedikit penjual nakal yang tidak tanggung-tanggung menjual ikan dengan kualitas yang kurang hanya untuk meraup keuntungan. Dengan memahami cara memilih ikan segar, tentu Anda akan mendapatkan kandungan gizi yang tetap terjaga dan terhindar dari bermacam-macam keluhan, contohnya sakit perut atau alergi. Lantas apa saja tanda ikan tidak layak konsumsi? Simak penjelasan berikut.

Ada beberapa kriteria yang dapat dijadikan pedoman saat memilih ikan untuk dikonsumsi. Hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan ikan yang segar dan berkualitas. Sedangkan ciri-ciri ikan yang layak dikonsumsi antara lain:

Ilustrasi. (Pixabay)

Ciri-ciri Ikan Segar

Berikut adalah ciri-ciri ikan segar yang perlu diketahui:

Perut elastis

Ciri-ciri ikan segar berikutnya yaitu mempunyai perut yang tidak keras dan cenderung elastis saat ditekan. Maksud keras di sini menandakan bahwa perut ikan tersebut tidak ada benjolan yang mencurigakan.

Berlendir bening

Ikan yang memiliki badan berlendir bening tergolong sebagai ikan yang segar dan layak dikonsumsi. Lendir ini biasanya dapat Anda temukan pada seluruh kulit dan tidak menimbulkan bau tidak sedap.

Tidak berbau aneh

Ciri-ciri ikan segar selanjutnya yaitu mengeluarkan bau yang normal seperti bau laut. Hal ini yang menjadi pembeda dengan ikan yang tidak segar karena sudah dipanen beberapa hari sebelumnya, sehingga mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Insang berwarna merah

Mengutip buku 100 Resep Pepes oleh Dapur Alma (2013), salah satu ciri ikan segar yang pertama yaitu mempunyai warna insang yangg sedikit kemerahan. Warna merah ini menjadi penanda bahwa makanan tersebut masih mengandung warna darah yang segar.

Ciri-ciri Ikan Busuk

Selain memahami ciri-ciri ikan yang segar, Anda juga harus mengetahui informasi tentang ciri-ciri ikan busuk. Beberapa ciri yang harus diketahui antara lain sebagai berikut:

Menimbulkan Bau

Ketika ikan mati, sebuah enzim akan membantu bakteri untuk memasuki dinding lambung. Hal ini menyebabkan daging ikan membusuk dan mengeluarkan bau seperti amonia atau amis yang menyengat.

Bola mata cekung

Karakteristik ikan busuk dapat Anda lihat dari bagian bola matanya yang berbentuk cekung. Selain itu, ikan mempunyai kornea mata yang sangat keruh, dan pupilnya berwarna abu-abu kusam.

Insang Abu-abu

Ciri-ciri ikan busuk lainnya yaitu memiliki insang berwarna abu-abu, atau coklat abu-abu. Selain itu, terdapat gumpalan lendir berwarna gelap yang menyelimuti insang tersebut. Jadi, dapat disimpulkan bahwa insang yang tertutupi lendir tersebut  menandakan bahwa ikan tersebut tidak baik untuk dikonsumsi.

Setelah menyimak informasi mengenai 4 tanda ikan tidak layak konsumsi di atas, tentunya Anda bisa lebih selektif dalam memilih ikan yang akan dimasak dan dikonsumsi.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi