Pengunjung Pantai Sanur Bali Diminta Waspadai Ubur-Ubur Bluebottle, Kena Kulit Bisa Gatal

| 16 Sep 2023 16:45
Pengunjung Pantai Sanur Bali Diminta Waspadai Ubur-Ubur Bluebottle, Kena Kulit Bisa Gatal
Warga Denpasar yang sedang berwisata di kawasan Pantai Sanur, Denpasar. (Antara)

ERA.id - Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, Kota Denpasar, Bali, mengimbau masyarakat yang hendak berwisata dan berenang di Pantai Sanur, Denpasar, agar mewaspadai ubur-ubur bluebottle.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar Ida Bagus Mayun Suryawangsa mengatakan munculnya ubur-ubur bluebottle yang termasuk ubur-ubur beracun ini merupakan fenomena tahunan.

Menurut dia, dari bulan Juli hingga September inim, angin berhembus kencang sehingga ubur-ubur biasanya berada di laut dalam, dibawa angin menuju tepi pantai. "Ini merupakan fenomena alam, karena angin kencang ubur-ubur jenis ini dibawa ke tepi pantai," ujarnya pada Kamis silam.

Pihaknya telah menjalin kerja sama dengan para nelayan untuk melaksanakan pembersihan.

Selain itu menggandeng nelayan di kawasan Sanur serta penjaga pantai untuk bersama bersinergi mengawasi keberadaan ubur-ubur bluebottle ini.

"Kami bersama nelayan dan semua pihak sudah berkoordinasi, agar nanti jika ditemukan di kawasan Pantai Sanur dapat langsung dibersihkan," kata Mayun Suryawangsa.

Ia mengimbau masyarakat yang berwisata atau mandi di Pantai Sanur untuk menghindari kotak atau bersentuhan dengan ubur-ubur bluebottle ini karena jika bersentuhan dapat menyebabkan gatal-gatal dan efek lainnya.

"Kami mengimbau kepada pengunjung Pantai Sanur untuk lebih waspada, menghindari kontak langsung. Nelayan jika masih menemukan agar dapat dibantu untuk dibersihkan di perairan Pantai Sanur," katanya berharap.

Rekomendasi