40 Orang Ditangkap Saat Kericuhan Berujung Pembakaran Kantor Bupati Pohuwato Gorontalo

| 22 Sep 2023 15:16
40 Orang Ditangkap Saat Kericuhan Berujung Pembakaran Kantor Bupati Pohuwato Gorontalo
Api membakar Kantor Bupati di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, Kamis (21/9/2023) (Antara)

ERA.id - Polisi mengamankan 40 orang saat kericuhan demonstrasi di kawasan Pohuwato, Gorontalo, yang berujung pembakaran kantor bupati dan perusakan gedung DPRD Pohuwato pada Kamis (21/9) kemarin.

"Yang diamankan ya, yang diamankan ada 40 orang," kata Kabid Humas Polda Gorontalo, Kombes Desmont Harjendro saat dihubungi, Jumat (22/9/2023).

Belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka dari 40 orang ini. Mereka semua masih menjalani pemeriksaan secara intensif.

Tidak ditemukan senjata tajam (sajam) atau benda-benda berbahaya ketika 40 peserta aksi ini ditangkap.

"Jadi hanya diamankan saja karena pada saat kejadian aksi unras (unjuk rasa), dia kelihatan memberikan hasutan, seperti itu, melempar, ya itu yang kita amankan," ucapnya.

Ada sekira 2.500 massa yang melakukan unjuk rasa kemarin untuk menuntut pembayaran ganti rugi lahan dari perusahaan pertambangan. Diduga demonstrasi itu tidak menemukan titik temu.

Polisi pun saat ini masih mencari siapa provokator dari kasus ini. Desmont menerangkan situasi di Pohuwato saat ini sudah kondusif.

"Situasi alhamdulilah untuk situasi sampai siang ini sudah normal. Tidak ada aksi juga, masyarakat sudah bisa beraktivitas, kondusif," ujar Desmont.

Rekomendasi