DPRD dan Pemprov Sulsel Sepakati APBD Perubahan 2023 Senilai Rp10 Triliun Lebih

| 30 Sep 2023 15:11
DPRD dan Pemprov Sulsel Sepakati APBD Perubahan 2023 Senilai Rp10 Triliun Lebih
Gedung DPRD Sulsel. (Antara)

ERA.id - DPRD bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bersepakat mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2023 menjadi Perda dengan nilai sebesar Rp1O,133 triliun lebih, dan 40 persen dialokasikan untuk pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur 2024.

"Kesimpulan dari rapat kerja Badan Anggaran bersama TAPD dan pimpinan komisi untuk komposisi akhir laporan realisasi keuangan daerah yang tertuang dalam Ranperda tentang Perubahan APBD 2023 sebesar Rp10,133 triliun lebih yang sebelum pembahasan sebesar Rp10.033 triliun lebih atau bertambah sebesar Rp129,5 miliar lebih," kata Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin saat rapat paripurna di Kantor DPRD Sulsel, Makassar, Jumat malam kemarin.

Sedangkan untuk proyeksi belanja daerah pada APBD 2023 sebesar Rp9,995 triliun lebih sebelum pembahasan dan mengalami kenaikan sebesar Rp10,118 triliun lebih atau bertambah sebesar Rp123 miliar lebih dari pembahasan tersebut.

Selain itu, merekomendasikan 11 poin berupa saran dan pendapat untuk kiranya mendapat perhatian ke depan. Rekomendasi tersebut termuat dalam lampiran yang tidak terpisahkan dari laporan Badan Anggaran DPRD Sulsel.

Untuk laporan hasil pembahasan komisi-komisi DPRD Sulsel, lanjutnya, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dan menjadi lampiran rekomendasi dalam laporan pembahasan Perda tentang Perubahan APBD tahun Anggaran 2023.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dewan bersama anggota badan anggaran, pimpinan komisi dan tim TAPD Pemprov Sulsel  yang telah hadir memberikan kontribusi pemikiran dalam proses pembahasan  tentang perubahan APBD tahun anggaran 2023," paparnya  .

"Kami juga menyampaikan permohonan maaf jika ada hal yang tidak berkenan dalam proses pembahasan tersebut," kata Bahtiar menambahkan.

Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari menyampaikan pengesahan APBD Perubahan tahun anggaran 2023 tersebut tentu membutuhkan proses pembahasan yang cukup panjang hingga akhirnya ditetapkan dan disahkan  melalui rapat paripurna.

"Tentu kita berharap, Insya Allah APBD Perubahan tahun anggaran 2023 ini akan terealisasi sesegera mungkin agar masyarakat Sulsel bisa mendapatkan manfaatnya," tutur Andi Ina menegaskan.

Rekomendasi