Kisah Satu Keluarga di Lebak Banten Bergiliran Menjadi Buta

| 01 Nov 2023 10:51
Kisah Satu Keluarga di Lebak Banten Bergiliran Menjadi Buta
Rusmani dan anak-anaknya di Kampung Cipasung, Warunggunung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

ERA.id - Satu keluarga di Kampung Cipasung, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, menjadi buta. Kini, mereka telah dibantu pemerintah untuk menjalani penanganan medis di rumah sakit.

Camat Warunggunung Apip Saepudin saat dihubungi di Lebak, Rabu, menyampaikan bahwa Kementerian Sosial sudah memfasilitasi keluarga itu agar bisa mendapat penanganan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten.

"Kami berharap keluarga yang mengalami kebutaan itu bisa sembuh," katanya.

Satu keluarga di Cipasung yang mengalami kebutaan terdiri atas Rusmani (70) dan lima anaknya, Rohimi (50), Hindun (40), Maesaroh (35), Junaedi (34), dan Kokom (27).

Rusmani mengalami kebutaan sejak tahun 2010, Rohimi pada 2011, Hindun dan Maesaroh berturut-turut pada 2014 dan 2015, Kokom pada 2018, dan Junaedi pada 2020.

Junaedi mengatakan bahwa dia sering mengalami sakit kepala berat semasa bekerja di Bogor pada 2018. Sakit kepala itu disertai dengan mata berair dan pandangan kabur. Dia tidak bisa melihat lagi pada 2020.

Junaedi bersyukur mendapat bantuan dari pemerintah untuk berobat dan berharap bisa kembali melihat dan bekerja.

Hindun pernah menjalani operasi mata di RSCM Jakarta dengan fasilitas pembiayaan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Namun, sampai sekarang matanya belum bisa melihat juga. Dia berharap bisa sembuh setelah kembali mendapat penanganan medis di rumah sakit dengan bantuan dari pemerintah.

Rekomendasi