Ketemu IAS, Pj Gubernur Bahtiar Bahas Musik Daerah Sulsel

| 01 Nov 2023 14:24
Ketemu IAS, Pj Gubernur Bahtiar Bahas Musik Daerah Sulsel
Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin bersama Ilham Arief Sirajuddin membahas promosi wisata dan budaya, termasuk seni musik di daerah itu.

ERA.id - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin bersama Ketua Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) setempat dan Ketua DPD Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI)  membahas promosi wisata dan budaya, termasuk seni musik di daerah itu.

"Terima kasih banyak Pak Gubernur sudah menerima kami. Tujuannya silaturahmi agar Gubernur tahu bahwa kita ada organisasi. Dua organisasi yang saya pimpin ini ada agenda event-nya, respon beliau positif," sebut Ketua RAPI sekaligus DPD PAPPRI Sulawesi Selatan (Sulsel) Ilham Arief Sirajuddin (IAS) di Makassar, Rabu (1/11/2023).

Ia menjelaskan RAPI berencana melakukan kegiatan Fox Hunting Mobile sekaligus mempromosikan pariwisata Sulsel yang belum terekspose dengan baik.

Sedangkan PAPPRI Sulsel, lanjutnya, akan terus menggali potensi seniman musik dan bibit berbakat, serta memperjuangkan hak mereka termasuk karya seniman lawas.

"Sekarang ini seniman memiliki dinamika teknologi dan tidak ada dokumennya. Di-share di medsos, kasihan karya seninya ada tetapi tidak ada nilai ekonomisnya. Ini saya dorong seniman dan pencipta lagu kalau ada karya, PAPPRI jadi fasilitator untuk mendapatkan haknya," kata Ilham.

Untuk itu pihaknya berkolaborasi dengan pemerintah, termasuk dalam melestarikan lagu dan musik daerah di Indonesia

"Kami rencananya akan gelar festival musik. Festival musik budaya masyarakat kita di Sulawesi Selatan," sebutnya.

Sementara itu Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin menjelaskan musik merupakan identitas bagi masyarakat dimana pun. Musik itu tidak hanya menjadi ekspresi jiwa terhadap kesenangan dan kesedihan, tetapi juga kerinduan, termasuk karya-karya musik yang ada di Sulsel.

"Musik itu adalah identitas hasil rasa dan karsa manusia. Musik bukan sekedar menyenangkan tapi juga menggambarkan identitas," kata Bachtiar.

Untuk itu ia berharap musik dari daerah Sulsel harus diangkat ke publik agar masyarakat semua mengetahui identitas musik khas Sulsel.

Rekomendasi