Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Goda Investor dengan Kenikmatan Kopi Latimojong

| 06 Nov 2023 08:19
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Goda Investor dengan Kenikmatan Kopi Latimojong
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. (Dok. Humas Pemprov Sulawesi Selatan)

ERA.id - Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, mendorong pengembangan kopi Latimojong agar lebih dikenal luas sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Kalau ini (rasa khasnya) bagi investor kopi, boleh datang ke sini investasi. Ini potensinya luar biasa besar. Dan ini rasanya nikmat dan enak," ucap Bahtiar didampingi Bupati Luwu Basmin Mattayang, saat mengunjungi Kecamatan Larompong, Luwu, Minggu kemarin.

Pada kesempatan tersebut, Pj Gubernur ngopi bareng bersama warga, termasuk melihat produksi pertanian kopi warga.

Salah satunya, produk dari Luwu yaitu Solaku Coffee Roastery, dengan kopi khas arabica Latimojong.

Di tanam di ketinggian 3.445 mdpl menuju puncak Rante Mario yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Sulawesi. Beriklim sejuk sepanjang tahun. Kopi Latimojong mulai dikenal pecinta kopi nusantara sekitar 6 tahun terakhir.

Dalam proses produksi yakni langsung diproses setelah dipetik di hari yang sama, difermentasi, kemudian dikeringkan di tempat khusus, lalu selama 30 hari diistirahatkan.

Sementara itu, Bupati Luwu Basmin Mattayang menjelaskan, kopi tersebut cukup diminati.

"Kopi di sini luar biasa sekali. Saya sudah keliling dengan yang punya usaha. Kami sampai ke Tangerang, cukup diminati. Kita ingin kopi ke depan jadi produk lokal Sulsel, Luwu pada khususnya terkenal di dunia," jelasnya.

Selain kopi, Pj Gubernur Sulsel juga melihat potensi lainnya di Kabupaten Luwu yaitu cengkeh dan kemiri.

"Saya lihat juga komoditi unggulan masyarakat Luwu yang ada sejak dulu itu cengkeh. Kita lihat di pinggir jalan (dijemur). Ini luar biasa memang ini kabupaten mandiri yang menghidupi dirinya sendiri," ujarnya.

"Kemiri yang dari sini sudah diekspor, makanya kita harus pikir keberlanjutannya supaya petani itu dapat jumlah banyak,"lanjut dia.

Rekomendasi