Pergelaran Wayang Golek Sajajar, Bukti Ganjar Peduli Kebudayaan Sunda

| 11 Nov 2023 09:45
Pergelaran Wayang Golek Sajajar, Bukti Ganjar Peduli Kebudayaan Sunda
Ribuan penggemar pagelaran wayang golek di lapangan Cikeas Nagrak, Desa Nagrak, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, antusias menikmati pertunjukan meski diguyur hujan.

ERA.id - Ribuan penggemar pagelaran wayang golek di lapangan Cikeas Nagrak, Desa Nagrak, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, antusias menikmati pertunjukan meski diguyur hujan.

Acara yang diinisiasi oleh Relawan Ganjar Pranowo- Mahfud MD sa-Jabar Jeung Ganjar (Sajajar) itu menampilkan Wayang Golek Giri Harja 3 Putra, Dalang Yogaswara Sunandar dengan bintang tamu Ki Daus dan Ki Bancet.

Haji Yudi Sucipta salah satu relawan Ganjar mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk merangkul masyarakat dan juga melestarikan kesenian daerah sesuai tema "Saba Desa Jaga Lembur".

"Ini adalah acara pesta rakyat dengan diinsiasi oleh Sajajar untuk lebih merangkul masyarakat dengan melestarikan seni budaya Sunda," kata Yudi Sucipta kepada Wartawan, Jumat (10/11/23) malam.

Yudi Sucipta juga menyebut, pihaknya menggeliatkan animo masyarakat dengan melibatkan banyak usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari masing-masing Desa Se-Kecamatan Gunung Putri.

"Tadi di tengah-tengah acara juga kita adakan santunan sebanyak 210 anak yatim," paparnya.

Senada ditempat yang sama, Kepala Desa Wanaherang, Heri Sadewo mengaku terhibur. "Banyak UMKM yang memang di setiap ada event kita selalu dilibatkan jadi nyambunglah ada kegiatan semacam ini," kata Dewo

Heri Sadewo juga berharap acara kesenian daerah seperti ini adalah salah satu kebudayaan yang perlu dilestarikan dan dirinya berterimakasih kepada relawan Ganjar.

"Ini sangat perlu dilestarikan karena takut tergerus zaman, karena budaya adalah cermin identitas suatu daerah," ucapnya.

Rekomendasi