Pekerja Asal Makassar Jatuh dari Tower dan Tewas Saat Gempa Guncang Ternate

| 23 Nov 2023 08:11
Pekerja Asal Makassar Jatuh dari Tower dan Tewas Saat Gempa Guncang Ternate
Ilustrasi tower. (Antara)

ERA.id - Gempa bumi berkekuatan 6,6 magnitudo yang mengguncang wilayah Kota Ternate dan kabupaten lainnya di Maluku Utara, membuat seorang pekerja tower terjatuh dan meninggal dunia sekitar pukul 12.50 WIT, Rabu kemarin.

Kasi Humas Polres Ternate, Iptu Wahyuddin mengatakan korban atas nama M Danur Sahfan Rifai (22) dinyatakan meninggal dunia dan jasadnya sudah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Boesoerie Ternate untuk diautopsi guna mendukung penyilidikan dari tim Reskrim Polres Ternate.

Korban yang bersama rekan-rekannya melakukan pekerjaan dalam membongkar tower jaringan telekomunikasi di Kelurahan Stadion, Kecamatan Ternate Tengah, namun korban meninggal dunia akibat terjatuh dari tower dengan ketinggian 20-30 meter.

Dia menyebut, korban terjatuh berdasarkan keterangan saksi mata di tempat kejadian perkara (TKP) diduga karena dampak gempa bumi yang berkekuatan 6,6 magnitudo yang mengguncang wilayah Kota Ternate dan kabupaten lainnya di Maluku Utara.

"Kita belum bisa menyimpulkan, karena tim Reskrim Polres Ternate masih menyilidiki dengan memeriksa sejumlah saksi di lapangan untuk mengungkap penyebab terjatuhnya korban,"ujar Kasi Humas Polres Ternate.

Tower yang berada tepat di sisi utara Gereja Ayam, Kelurahan Stadion, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate tersebut diketahui sedang dibongkar oleh korban asal Makassar, Sulawesi Selatan itu bersama beberapa tenaga kerja lainnya.

Sementara, Faisal seorang warga yang juga sekuriti Maybank kepada wartawan mengaku melihat korban saat terjatuh dari ketinggian yang diperkirakan sekitar 20 atau 30 meter tersebut. Ia mengatakan, korban pertama terjatuh usai gempa siang tadi.

"Iya pekerja ini setiap hari saya lihat aktifitas mereka dari jauh, nah pas tadi sempat saya lihat dia jatuh terjun begitu," kata Faisal.

Sementara warga lain menceritakan, melihat insiden tersebut saat itu korban dalam kondisi terjepit besi di atas tower. Lanjut warga, bahwa korban juga sempat berteriak, teman-teman korban pun sontak ikut berteriak meminta pertolongan.

"Jadi macam ada besi jatuh kena dia (korban), akhirnya meninggal kasihan," ungkap warga.

Diketahui, jenazah telah dievakuasi ke RS Chasan Bosoeire Ternate oleh pihak kepolisian. Lokasi pun telah dilingkari garis polisi.

Rekomendasi